5 Jenis Investasi yang Perlu Diketahui untuk Pemula 

5 Jenis Investasi yang Perlu Diketahui untuk Pemula 

Surabaya, memorandum.co.id - Ada banyak jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba saat ini terutama bagi kawula muda. Seperti diketahui, melakukan investasi menjadi salah satu cara yang lebih baik untuk meningkatkan pundi-pundi uang dibanding menabung. Karena salah satu fakta investasi, yaitu Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bunga atau return yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menabung. Terlebih  untuk waktunya bisa ditargetkan ingin jangka pendek atau jangka panjang.

Investasi untuk Pemula yang Aman dan Terpercaya

Bagi para pemula yang ingin berinvestasi, terlebih dahulu wajib memilih jenis investasi yang aman dan terpercaya. Berikut ini 5 jenis instrumen investasi yang bisa Anda coba.

1.     Reksadana

Reksadana menjadi salah satu cara berinvestasi yang wajib dicoba untuk anak muda dan para pemula. Pilihan investasi dengan reksadana sangat cocok untuk yang memiliki dana kecil atau belum berani mempertaruhkan modalnya untuk mendapatkan return yang besar dari investasi. Reksadana juga sangat tepat bagi pemula, alasannya tentu karena para investor pemula belum banyak mengetahui seluk beluk seputar investasi. Reksadana sendiri dikelola oleh manajer investasi yang ahli dan profesional. Oleh karena itu, dana yang Anda investasikan akan dikelola dan dialokasikan oleh manajer investasi sebaik-baiknya. Alasannya agar Anda para investor bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.  Anda bisa memilih investasi reksadana dengan jenis instrumen pasar uang, karena merupakan kan prestasi jangka pendek dengan resiko yang rendah.

2.     P2P Lending

Jangka waktu investasi untuk pemula memang sebaiknya memilih jangka pendek saja. Tetapi tidak ada salahnya mencoba yang jangka panjang jika Anda memiliki keberanian dalam investasi. Untuk jenis investasi, selanjutnya Anda bisa memilih P2P Lending. P2P Lending merupakan salah satu jenis investasi baru tapi aku banyak diminati para investor. Dana yang Anda alokasikan ke P2P Lending digunakan untuk pemodelan UMKM Indonesia. Jadi cara kerja dari investasi ini adalah dengan menyalurkan dana investasi Anda dalam bentuk pinjaman modal usaha kepada para pengusaha. Tidak perlu khawatir masalah keamanannya karena P2P Lending sudah terdaftar di OJK.

3.     Investasi Saham

Macam-macam investasi yang juga bisa dicoba untuk para pemula adalah saham. Saat ini akses ke pasar saham lebih terbuka, sehingga Anda para pemula semakin mudah untuk berinvestasi lewat jenis investasi ini. Investasi perusahaan memungkinkan untuk pembelian, penjualan hingga switching lewat ponsel sekalipun. Investasi jenis saham juga sangat mudah dilakukan, karena ada banyak perusahaan sekuritas yang memudahkan untuk mendaftar dan kontribusi pada pasar saham. Perlu diketahui pula bahwa berinvestasi pada saham, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi. Tetapi disamping itu memang saham memiliki resiko yang cukup tinggi, imbang dengan keuntungan tinggi yang akan Anda dapatkan nantinya. Keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi saham, didapat dari jual-beli pada setiap kepemilikan dan juga dividen perusahaan yang sahamnya Anda miliki.

4.     Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi untuk pemula yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Melakukan investasi emas memiliki cara kerja yaitu Anda sebagai investor mempunyai kewenangan atas kepemilikan fisik pada emas batangan. Anda bisa membeli emas pada platform online terpercaya yang bergerak di bidang investasi emas. Emas menjadi salah satu jenis investasi yang terbilang mudah. Karena Anda hanya tinggal membeli emas saja, lalu bisa menyimpannya dalam jangka waktu tertentu. Emas bisa dijadikan sebagai instrumen investasi jangka pendek maupun panjang tergantung situasi. Jika Anda merasa membeli emas akan was-was karena membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpannya, maka solusi lainnya dengan investasi emas secara digital. Ada banyak platform yang bisa Anda manfaatkan untuk jual beli emas secara online tanpa harus menyimpannya di rumah.

5.     Properti

Meski bagi pemula di bidang investasi, Anda wajib memiliki keberanian dan tekad kuat untuk menjadi investor handal nantinya. Salah satunya, bisa terjun menjadi seorang investor di bidang properti. Memang investasi di bidang properti ini membutuhkan uang dalam jumlah besar. Tetapi perlu diketahui, bahwa model yang Anda pertaruhkan akan kembali dengan keuntungan yang besar pula meski membutuhkan waktu yang panjang. Berinvestasi di bidang properti, tidak hanya akan memberikan Anda pendapatan sampingan dengan aset yang ada. Anda juga bisa sekalian menjadikan properti tersebut sebagai dana dengan menjualnya di masa depan pada saat properti tersebut harganya sedang tinggi. Jika memiliki modal yang besar, maka Anda bisa mencoba untuk membeli rumah atau membangun rumah di lokasi yang strategis beberapa tahun kedepan. Dengan membangun atau membeli rumah menggunakan modal yang kecil tapi di lokasi strategis, maka kedepannya bila lokasi tersebut sudah maju Anda akan bisa mengembalikan modal yang berkali lipat. Kini tentu Anda sudah tahu apa saja jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba. Bagi yang merasa tidak memiliki modal untuk investasi, Anda bisa menabung terlebih dahulu dan berhemat. Salah satu cara berhemat adalah dengan tidak sering berbelanja apalagi untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika ingin berbelanja, Anda bisa memanfaatkan momen seperti Promo Akhir Tahun yang banyak diselenggarakan oleh platform online salah satunya marketplace. Blibli juga merupakan tempat belanja online yang menyelenggarakan promo Festival Akhir Tahun. Promo ini diadakan mulai 24 Desember sampai 30 Desember yang dimeriahkan oleh berbagai brand dan juga produk di Blibli. Pada periode  ini, ada banyak kategori promo yang bisa Anda nikmati yaitu Blibli Mart, dimana Anda bisa mendapatkan harga produk makanan jauh lebih murah. Selain itu terdapat pula promo dari hotel dengan harga yang miring, mainan dan video games, produk fashion pria dan wanita, produk olahraga handphone dan tablet dan masih banyak lagi. (gus/ziz)

Sumber: