Belajar Bareng Ilmu Jurnalistik dengan Memorandum

Belajar Bareng Ilmu Jurnalistik dengan Memorandum

PASURUAN- Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bagian humas, Polres Pasuruan Kota mengadakan pelatihan jurnalistik bersama Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum Surabaya, Jumat (20/9). Kegiatan berlangsung di gedung aula Polres Pasuruan Kota. Bertajuk belajar bersama dengan Memorandum, kegiatan tersebut dihadiri langsung Kapolres Pasuruan Kota AKBP Agus Sudaryatno SIK MH, HM Choirul Sodiq selaku Direktur SKH Memorandum serta puluhan anggota bagian humas yang berada di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota hingga polsek jajaran dan perwakilan dari netizen. Dengan materi yang dibawakan langsung Pemimpin Redaksi Memorandum Arief Sosiawan. Dia menerangkan tentang beberapa tips dan trik terkait dunia kejurnalistikan. Mulai dari ilmu pengumpulan bahan pemberitaan, seperti foto dan sumber data, hingga cara penulisan berita yang baik dan benar menurut kaidah jurnalistik, juga turut menjadi sajian belajar bareng anggota Polresta Pasuruan dengan Memorandum. AKP Endy Purwanto, kasubbag Humas Polresta Pasuruan menjelaskan bahwa acara ini merupakan inisiasi dari Kapolres Pasuruan Kota melalui kasubbag humas. Dengan adanya pelatihan dengan Memorandum, ini pihaknya dapat memperoleh ilmu baru untuk menyajikan laporan dan berita yang cepat serta bagus kepada masyarakat nantinya. “Humas merupakan bagian dari pihak kepolisian untuk memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara baik dan benar. Dengan adanya pelatihan seperti ini, anggota kami bisa belajar dengan Memorandum bagaimana cara mengumpulkan informasi, baik berupa foto dan tulisan, hingga menyajikan sebuah berita secara cepat dan baik kepada masyarakat,” ungkapnya. Endy menambahkan, selama ia menjabat memang belum ada kegiatan untuk pelatihan seperti ini. Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya mampu menyerap banyak ilmu-ilmu baru. “Ilmu baru dari Memorandum ini sangat baik. Sehingga yang selama ini dilakukan oleh humas untuk penyajian informasi kepada masyarakat bisa semakin baik dan cepat,” tandasnya. Dalam acara tersebut, AKBP Agus Sudaryatno, Kapolres Pasuruan Kota memberikan kenang-kenangan kepada Direktur SKH Memorandum HM Choirul Sodiq berupa buku berjudul Paskot. (mas/sr)

HM Choirul Shodiq SH MH Polres Pasuruan Kota seperti Rumah Sendiri Direktur SKH Memorandum HM Choirul Shodiq SH MH bersilaturahmi ke Mapolres Pasuruan Kota bersama Manajer Iklan A Saikhu, Manajer Bisnis dan Pengembangan Heri Sunaryo, disambut baik oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Agus Sudaryatno berserta Wakapolres Kompol Mario P, Jumat (20/9). Saking baiknya, Direktur Memorandum menganggap bahwa Mapolresta Pasuruan nyaman dan enak seperti layaknya berada di rumah sendiri. “Saya di sini (di Mapolres Pasuruan Kota, red) serasa berada di rumah sendiri,” ungkap Choirul Shodiq ketika memberikan sambutan di acara pelatihan jurnalistik Polres Pasuruan Kota bersama Memorandum. Choirul Shodiq berterima kasih kepada Kapolres Pasuruan Kota yang sangat baik menyambut tim dari Memorandum di Mapolresta. Mulai dari diajak untuk berkeliling melihat ruangan pelayanan hingga diberi cinderamata dari Kapolres Pasuruan Kota. “Polri itu harus maju setapak, Informasi harus segera ditangkap oleh masyarakat. Apalagi di era digital seperti ini. Semoga dengan adanya belajar ilmu jurnalistik bersama ini, bisa memberikan dampak positif dan ilmu baru terkait penyebaran informasi dari Polres Pasuruan Kota kepada masyarkat,” tandasnya. (mas/sr)

AKBP Agus Sudaryatno SIK MH Terima kasih Memorandum, Mitra Terbaik Polri Di era digital ini, penyajian informasi yang baik, cepat, dan benar terhadap masyarakat, merupakan suatu kebutuhan bagi kepolisian untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Baik terkait program kinerja dan imbauan  kamtibmas di wilayah hukumnya masing-masing. Kapolres Pasuruan Kota AKBP Agus Sudaryatno SIK MH menegaskan, dengan adanya kolaborasi yang baik antara Polres Pasuruan Kota dan SKH Memorandum, di lini kehumasan di Polres Pasuruan Kota hingga ke polsek jajaran bisa menciptakan kreatifitas tersendiri dalam menyajikan informasi yang baik kepada masyarakat. “Dengan adanya kegiatan dalam rangka belajar bareng ini, bisa menjadi pembelajaran dan motivasi kepada anggota kehumasan kami. Sehingga kolaborasi tersebut bisa menciptakan kreatifitas tersendiri untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, baik tentang pelayanan publik kami hingga ke informasi kinerja prestasi kami,” papar Agus. Di samping Humas Polresta Pasuruan dan humas polsek Jajaran, pihaknya juga mengundang perwakilan dari netizen. “Kami bekerja sama dengan putra daerah di sini sebagai netizen, yang juga telah banyak memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan publik dan kinerja kami. Sehingga dengan diikutkannya mereka, bisa ikut berkembang dalam penyajian pemberitaan yang akan diinformasikan kepada masyarakat,” tandasnya. (mas/sr)  

Sumber: