Satlantas Polres Jember Ajak Back To Bike

Satlantas Polres Jember Ajak Back To Bike

JEMBER - Jajaran Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Jember, dalam rangka HUT ke- 64 Lalu Lintas, mengkampanyekan penggunaan sepeda saat ke sekolah, Sabtu (14/9).  Dan  juga mensosialisasikan larangan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor. Acara ini bertajuk Back To Bike.

Giat yang diinisiasi oleh Satlantas Polres Jember, bermaksud dan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan, dan menekan korban usia pelajar. Caranya  berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda.

“Ini salah satu langkah untuk mengurangi jumlah kecelakaan. Siswa kita ajak untuk bersepeda ke sekolah atau bike to school,”ujar Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael melalui Kanit Dikyasa Ipda Agus Yudi Kurniawan di SMP Negeri 11 Jember.

Siswa, guru dan staf ikut semua bersama anggota polisi bersepeda keliling kota. Dia mengatakan, kegiatan itu juga merupakan program Transportasi Sehat Merakyat (TSM) yang digelar jajaran kepolisian. Tujuannya mengajak warga masyarakat untuk lebih memilih kendaraan yang menggunakan tenaga manusia.

Seperti sepeda atau jalan kaki untuk bepergian dan diintegrasikan dengan angkutan umum. “Manfaatnya antara lain menyehatkan, menekan konsumsi bahan bakar dan bebas polusi,”kata Agus.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sudah rutin digelar dan akan terus dilanjutkan. Setidaknya sudah ada lima sekolah yang diajak dan akan diperluas.

Ke depan, pihaknya akan menggandeng komunitas sepeda hingga kampanye ini bisa tersebar lebih luas lagi. “Kita akan ajak komunitas sepeda agar lebih banyak yang mengerti, paham dan ikut mensosialisasikan program ini,” kata dia.

Kepala SMP Negeri 11 Jember, Joko Wahyudi, menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan program sekolah yang memiliki program menjadi sekolah adiwiyata. Di dalamnya ada kegiatan pendukung yang bertema lingkungan sehat.

“Ini sangat baik bagi kami karena sesuai program sekolah adiwiyata,” kata dia. Kegiatan itu melibatkan setidaknya 700 siswa-siswi dan guru. (edy/udi)

Sumber: