Tips Merawat Kulit Saat Musim Hujan

Tips Merawat Kulit Saat Musim Hujan

Surabaya, memorandum.co.id - Untuk sebagian besar orang, musim hujan bisa menjadi penyelamat dari cuaca yang panas dan terik. Namun, tidak sedikit juga yang tidak ingin musim hujan datang. Mulai dari rambut yang lepek, terkena hujan saat melakukan aktivitas di luar ruangan, sampai mengganti jadwal karena hujan yang lebat. Tidak hanya itu, musim hujan juga menjadi salah satu masalah untuk para pejuang skincare.Sering kali muncul berbagai masalah kulit seperti jerawat yang tiba-tiba muncul secara bersamaan, perubahan tingkat kelembapan, semakin banyaknya tumpukan minyak dan kotoran, serta masih banyak lagi. Hujan yang terus mengguyur akan memberikan perubahan drastis terhadap ligkungan sekitar. Jangan kira berada di dalam rumah saja akan membuat Anda terlindungi dari dampak negatif yang muncul di saat musim hujan. Keadaan yang tadinya kering dan tiba-tiba berubah menjadi lembap bisa memunculkan beberapa gangguan kulit seperti biang keringat, alergi, bahkan jamuran. Untuk memastikan kulit wajah Anda tetap terjaga di musim hujan, perhatikan beberapa hal berikut ini yang jangan sampai kelewatan.

Tetap menggunakan sunscreen

Musim hujan tidak berarti sinar matahari menghilang begitu saja. Paparan sinar UV akan tetap bisa menembus awan, kaca, dan mengenai kulit Anda. Ultraviolet yang terkena langsung ke kulit wajah akan membuat kulit terbakar dan pecah-pecah. Jadi, jangan sampai lupa untukmengaplikasikan sunscreen dan oleskan kembali setaip 2 atau 3 jam sekali untuk manfaat yang optimal.

Cuci muka yang teratur

Hujan dapat mengakibatkan tumpukan minyak yang berlebihan pada kulit dan akan menarik debu atau kotoran untuk menempel pada wajah. Maka dari itu, mencuci muka dengan teratur akan membantu membersihkan wajah dari iritasi dan infeksi, mencegah pori-pori yang membesar, dan merawat kulit dari minyak berlebih. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Jangan kekurangan atau berlebihan juga ya.

Jangan lewati langkah serum

Terlepas dari lembapnya cuaca, ingat untuk tidak melupakan rutinitas skincare yang biasa Anda lakukan. Kulit membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk proses regenerasi kulit. Membantu Anda menutrisi dan mengatasi masalah kulit, serum adalah jawabannya. Serum memiliki kandungan bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi permasalahan pada kulit wajah Anda dengan pengaplikasian secara rutin. Pilih kandungan serum terbaik yang sesuai dengan permasalahan kulit yang ingin Anda selesaikan.

Jaga kelembapan kulit dengan pelembap

Mungkin saja Anda merasa tidak perlu menggunakan pelembap tambahan akibat cuaca dan lingkungan yang sudah cukup lembap. Faktanya, pengaplikasian water-based moisturizertidak hanya memberikan perlindungan kelembapan untuk kulit wajah saja, tetapi juga membantu mengurangi kerutan pada kulit wajah. Jangan lupa untuk melembapkan bibir Anda dengan menggunakan lip balm secara rutin.

Bersihkan wajah sebelum tidur

Setelah beraktivitas di luar rumah, gunakan sabun cuci muka untuk menghapus make-up dan kotoran lain di permukaan kulit wajah. Lalu, Anda bisa menggunakan toner untuk membantu menghapus sisa-sisa kotoran pada kulit. Ditambah dengan manfaatnya untuk melindungi kulit, dijamin kulit Anda akan tetap mulus baik di musim hujan dan juga musim panas.

Eksfoliasi kulit

Ambil sedikit waktu dalam sehari setiap satu minggu untuk memanjakan kulit Anda dengan mengeksfoliasi dan menggunakan masker wajah. Eksfoliasi akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Saat kulit sudah bersih, lebih banyak serum yang bisa menyerap dengan mudah ke dalam kulit wajah. Dengan dilakukan secara konsisten, wajah akan jadi lebih bersih dan cerah. (gus/ziz)          

Sumber: