Paiton Gelar Festival 1.000 Kopi

Paiton Gelar Festival 1.000 Kopi

Probolinggo  - Berhasil meraih proper emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  selama dua tahun berturut- turut,  UP Paiton menggelar Festival 1.000 Kopi,  Kamis- Jumat, (12-13/9) di kawasan Pantai Bhinor, Probolinggo.

Sebanyak 1000 cangkir kopi disajikan secara cuma- cuma bagi seluruh pengunjung yang datang.

Sekretaris PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) Muhammad Barda menyampaikan, masyarakat Pantai Bhinor merupakan  kawasan binaan UP Paiton. "Progres ini menunjukkan adanya komunikasi PJB dengan masyarakat sekitar," terang Muhammad Bardan di dampingi Mustofa General Manajer Unit Pembangkitan (UP) 1 Paiton, Jumat (13/9).

Lanjut  Mustofa,  gelaran pertama ini untuk memperkenalkan produk kopi binaan CSR PT PJB. Seperti  Kopi Lan- Baling, dari hasil produksi kelompok binaan CSR yang berlokasi di Desa Andong Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Kopi Lan- Baling, yang merupakan produk kopi berkualitas tinggi ini adalah hasil nyata dari proses pengolahan dengan teknologi tinggi dan ramah lingkungan. Energi yang dibutuhkan untuk proses pengolahan ini adalah listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) PT PJB. Komposisi ramah lingkungan ini juga didukung oleh penggunaan pupuk organic yang mencapai 75 %. Pihaknya ingin mengenalkan produk kopi ini ke semua elemen masyarakat, sekaligus menjadikan brand kopi ini sebagai salah satu varietas kopi unggulan Kabupaten Probolinggo.

 "Festival 1.000 kopi ini juga menjadi ajang untuk saling merekatkan hubungan serta kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara PT PJB UP Paiton dengan para stakeholder-nya,  pemerintah, masyarakat, kelompok UKM, serta beberapa tokoh –tokoh masyrakat yang ada,"  tutur dia.

Acara festival 1.000 kopi  dihadiri langsung  Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara, bersama dengan Direktur Operasi 1 Sugiyanto dan juga Sekretaris Perusahaan, Muhammad Bardan. Turut hadir pula Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Probolinggo. (day/udi)

Sumber: