Wamenkumham Beri Pujian, Sambil Ingatkan Jajaran Rutan Medaeng Tingkatkan Pelayanan

Wamenkumham Beri Pujian, Sambil Ingatkan Jajaran Rutan Medaeng Tingkatkan Pelayanan

Sidoarjo , memorandum.co.id - Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Eddy Omar Sharif Hiariej meminta jajaran Rutan kelas I Surabaya terus meningkatkan pelayanan yang sudah ada dengan inovasi-inovasi terbaru. Hal ini disampaikan Wamen Eddy saat mengunjungi sekaligus melihat langsung berbagai inovasi layanan rutan yang berlokasi di Medaeng, Kamis (14/10/2021). Dalam kunjungan itu, Eddy memberikan pujian kepada seluruh jajaran Rutan Surabaya yang melaksanakan tugas dengan baik, sehingga diharapkan hal tersebut menghasilkan proses pembinaan yang baik juga. Saat berkeliling rutan, Eddy didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Krismono, Kepala Rutan Hendrajati dan jajaran. Wamenkumham melihat banyak perubahan di lingkungan rutan. “Terus tingkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada Masyarakat maupun WBP. Yang ada saat ini, sudah banyak berubah. Apa yang sudah ada (inovasi) harus terus ditingkatkan, jangan sampai kendor,” ujar Wamenkumham Eddy. Wamen kemudian melanjutkan berkeliling ke blok-blok hunian, sambil melihat karya-karya para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang cukup menyita perhatian. Termasuk melihat dapur Rutan Surabaya dari jarak dekat. Di sana, wamenkumham meninjau proses pembuatan makanan, dilanjutkan meninjau layanan video call gratis bagi WBP. Kepada warga binaan pemasyarakatan, wamenkumham berpesan kepada WBP untuk sabar selama menjalani masa pidana. "Semoga setelah teman-teman keluar dari sini, bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebelumnya," pinta Eddy. Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan, bahwa jajaran di bawahnya telah berubah, dan memberikan pelayanan prima adalah sebuah keharusan. "Banyak jajaran Pemasyarakatan yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim sedang berproses Pembangunan Zona Integritas, sehingga pelayanan prima adalah sebuah keharusan," ujar Krismono. Sementara Kepala Rutan kelas I Surabaya, Hendrajati menjelaskan, bahwa layanan video call gratis menjadi ujung tombak layanan selama pandemi Covid-19. Kunjungan kemudian dilanjutkan memantau kondisi poliklinik sebagai tempat perawatan warga binaan pemasyarakatan dan Sub Seksi Bimbingan Kegiatan sebagai tempat pembinaan kemandirian di Rutan Surabaya. Selain itu, Wamenkumham juga memantau kondisi blok hunian Rutan Surabaya yang mengalami overkapasitas sebesar 300 persen lebih. (mik/fer)

Sumber: