Minggu, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

Minggu, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

 

SURABAYA - Ada sejumlah ruas jalan akan ditutup untuk pelaksanaan Surabaya Marathon 2019 pada Minggu (4/8). Untuk itu masyarakat diminta mencari jalan alternatif.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Tunjung Iswandaru menyampaikan, untuk penertiban dan pengaturan arus lalu lintas, pihaknya akan mengerahkan 211 personel. Mereka akan mengatur kelancaran arus lalu lintas dan melakukan pemasangan alat bantu, seperti tutup barier dan traffic cone.

“Untuk persiapan yang dilakukan pemasangan alat bantu arah, akan kita lakukan pada malam hari. Kita juga koordinasi dengan pengelola parkir di TP (Tunjungan Plaza) sejak malam sudah bisa menampung peserta Surabaya Marathon ini,” kata Tunjung.

Sedangkan Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satlantas Polrestabes M Su’ud menjelaskan, kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Polrestabes Surabaya. Oleh karena itu, pihaknya sudah mengatur rekayasa lalu lintas dan mensterilkan rute-rute yang dilewati peserta sejak pukul 04.30 dini hari. Terutama untuk garis start dan finish di Jalan Embong Malang.

“Mulai pukul 04.20 dini hari Minggu, akses menuju Embong Malang kita sterilkan. Artinya semua kendaraan tidak bisa mengakses Jalan Embong Malang karena garis start. Untuk rute-rute yang dilewati Surabaya Marathon akan di sterilkan mulai pukul 04.20 ,” kata Su’ud. Ia memastikan, saat acara Surabaya Marathon berlangsung, sepanjang jalan yang digunakan rute tersebut dipastikan steril. Jembatan Mayangkara Wonokromo ke arah selatan menuju A. Yani akan disterilkan. Semua pengguna jalan akan dilewatkan menuju Jalan frontage road. “Kami kerahkan sebanyak 532 personil jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya, untuk mengamankan acara ini,” kata dia.

Ia memastikan, estimasi penutupan beberapa jalan tersebut akan berakhir sekitar pukul 12.30 . Sebab, peserta terakhir berada di garis finish pukul 11.30. “Sampai 12.30 , baru bisa kita katakan normal. Karena pukul 11.30, terakhir peserta masuk garis finish dan pukul 13.00, Surabaya normal kembali lalu lintasnya,” ujarnya.

 Adapun rute yang akan dilintasi para peserta untuk kategori 5K, yaitu Jalan Embong Malang, Jalan Blauran, Jalan Praban, Jalan Tunjungan Siola,  Jalan Gubenur Suryo. Lalu berputar di Monumen Bambu Runcing,  Panglima Sudirman, Basuki Rahmad  dan finish.

Kemudian untuk rute 10K, dimulai dari Jalan Embong Malang, Jalan Blauran, Bubutan,  Pahlawan,  Kebun Rojo, Tunjungan, Gubenur Suryo, Walikota Mustajab, Pemuda, Bambu Runcing, Panglima Sudirman,  patung karapan sapi, Basuki Rahmad, finish di Embong Malang.

Half marathon, yakni Jalan Embong Malang, Blauran, Praban, Tunjungan,  Gubenur Suryo, Walikota Mustajab, Pemuda,  Panglima Sudirman, Raya Darmo, Jembatan Mayangkara, Margorejo,  Royal Plaza, Jembatan Mayangkara, Raya Darmo,  Diponegoro,  Ciliwung,  Adityawarman,  Mayjend Sungkono,  putar balik Ciputra World, Jalan Indragiri,  dr Soetomo, Raya Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmad, Embong Malang.

Full Marathon, yakni Jalan Embong Malang,  Kebun Rojo, Tugu Pahlawan,  Jalan Tunjungan,  Walikota Mustajab, Balai Kota, Gubeng Pojok,  Bilition, Sulawesi,  Kertajaya, Sulawesi, Gubeng, Monkasel, Pemuda,  Panglima Sudirman,  Raya Darmo, Mayangkara, Graha Pangeran, Mayangkara, Ciliwung, Adityawarman, underpass HR Muhammad, Indragiri, dr Soetomo,  Raya Darmo, Basuki Rachmat  dan finish. (udi/tyo)

Sumber: