Disnak Ajak Takmir Masjid Praktek Potong Hewan Kurban

Disnak Ajak Takmir Masjid Praktek Potong  Hewan Kurban

SURABAYA - Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jatim mengajak takmir masjid ke Rumah Pemotongan Hewan  Kota Surabaya di Jalan Pegirikan  untuk belajar  tata memotong hewan kurban.

Kepala Disnak Jatim dr Wemmi Niamawati menyampaikan, pembinaan dan pelatihan takmir masjid dan petugas dinas terkait dalam penanganan hewan kurban dan penanganan daging kurban.

“Adanya pelatihan ini maka mereka bisa meningkatkan pengetahuan tata cara pemotongan hewan kurban guna menghasilkan daging kurban yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),” katanya, Rabu (31/7).

Lebih jauh, Wemmi menjelaskan, ada beberapa materi yang diberikan seperti penanganan hewan kurban dan teknik memilih hewan kurban berlandaskan prinsip kesejahteraan hewan dengan narasumber PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia) Jatim.

"Teknik penyembelihan dan penanganan daging kurban oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu. Materi penyembelihan kurban halal dan toyiban oleh LPPOM Majelis Ulama Indonesia, dan materi pemotongan daging kurban untuk memberikan produk hewan yang ASUH," terangnya.

Wemmi mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga 2019 dan peserta kali ini takmir masjid di Jatim berjumlah 150 orang.(why/udi)

Sumber: