Berusia 10 Tahun, Gojek Dorong Geliat UMKM

Berusia 10 Tahun, Gojek Dorong Geliat UMKM

Malang, Memorandum.co.id - Genap berusia 10 tahun, Gojek mampu mendorong pertumbukan ekonomi. Selain membuka lapangan pekerjaan baru, juga merangsang pelaku UMKM terus berinovasi dengan produk unggulannya. Terjadi simbiosis mutualisme dengan saling memberikan nilai manfaat. Pandemi Covid-19 yang salah satunya melanda Indonesia hampir meluluh-lantakkan perekonomian di hampir semua lapisan masyarakat. Namun, berkat inovasi dan fasilitasi yang ditawarkan Gojek menjadi alternatif menggerakkan kembali perekonomian. Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan salah satu pendorong utama pertumbuhan Gojek adalah ekosistem merchant, yang jumlahnya terus bertumbuh hingga 80% menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu di tahun lalu. “Peningkatan signifikan ini terutama didorong oleh digitalisasi merchant UMKM di masa pandemi,” katanya. Gojek hadir dengan layanan dan solusi komprehensif untuk pengusaha UMKM dengan berbagai skala bisnis, termasuk mereka yang baru pertama kali go-digital. Hal ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara, agar mereka bisa mempertahankan kestabilan usaha terlebih di masa pandemi yang telah mengubah kebiasaan hidup masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas online. Komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk #MelajubersamaGojek antara lain ditandai dengan dihadirkannya layanan one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital. Gojek menurutnya juga melakukan berbagai inisiatif, termasuk bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memperluas akses bagi pelaku UMKM menawarkan layanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, layanan belanja sehari-hari, GoMart dan GoShop, yang makin dikembangkan di awal 2020 untuk merespon kebutuhan masyarakat di masa pandemi, mengalami peningkatan GTV sebesar 500% sejak awal pandemi, dan telah membuka peluang bagi lebih banyak UMKM untuk mulai berjualan online. Andre Soelistyo menyampaikan Gojek yang memasuki usia ke-10 di saat terjadi krisis pandemi ekosistem Gojek terus memainkan peran penting dalam mempertemukan supply dan demand dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. "Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan dan kami bangga Gojek dapat tetap resilient, terus menjadi andalan masyarakat agar tetap produktif,” katanya. Disampaikan, Gojek akan terus memperkokoh komitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM dengan memberikan berbagai solusi komprehensif termasuk melalui layanan pembayaran dan finansial yang akan membantu usaha mereka untuk bertahan dan berkembang serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara. Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyampaikan Komitmen Gojek sebagai superapp dengan misi memberikan solusi dari permasalahan sehari-hari tengah diuji, ketika pandemi ini membuat ketergantungan masyarakat terhadap digital platform seperti Gojek menjadi semakin besar. “Di ulang tahun ke-10 ini, saya bangga dan bersyukur dengan pencapaian Gojek hingga saat ini, juga dengan cara kami merespons dan beradaptasi di tengah situasi sulit, melalui inovasi dan kerja keras dari seluruh tim di Gojek,” ujarnya. (*/ari/gus)

Sumber: