Bakar Mercy Demi Konten

Bakar Mercy Demi Konten

Youtuber Amerika banting Iphonenya, youtuber Indonesia hadiahi kado 6 Kg emas di enam tahun pernikahannya. Youtuber Rusia bakar Mercy Rp 5,5 M-nya. Untuk apa semua itu? Konten. Untuk apa konten? Subscribers. Untuk itulah dilakukan hal-hal yang gila. Adalah Mikhael Litivin yang melakukannya. Blogger Rusia itu membawa Mercedes AMG GT 63 S ke sebuah lapangan yang luas. Disetir sendiri oleh Mikhael. Di tengah lapangan dia berhenti. Membuka bagasi belakangnya sudah tersedia bergalon-galon bahan bakar. Satu persatu dia siramkan ke badan mobilnya. Lalu, ke semua joknya. Lalu, dia bakal rumput sepuluh meter menuju mobilnya sebagai penghantar api. Wuuussss terbakar. Divideo. Sudah ditonton 14 juta viewers. Puas! Banjir berbagai komentar. Salah satunya tadi: blogger Amerika banting Iphone, blogger Rusia bakar Mercy-nya. Komentar lainnya: bakar mobil seperti kebab saja. Tentu saja juga banjir kritik. Salah satunya: sama sekali tidak berempati, dunia lagi susah karena pandemi, dia bakar mobil mewahnya. Untuk apa kegilaan itu dilakukan? Subscribers. Untuk apa subscribers? Uang. Memang sangat menggiurkan. Inilah di antaranya, menurut Tsalis Annisa yang menulis untuk Ecrut Media.

  1. Raditya Dika. 8,6 juta subsribers. Penghasilan Rp 2,6 M-Rp 46 M setahun.
  2. Ria Ricis. 19,4 juta subsribers. Penghasilan Rp 1,8 M-Rp 28,8 M per tahun
  3. Atta Halilintar 21,7 juta subsribers. Penghasilan Rp 5,1 M-Rp 81,6 M per tahun
  4. Arif Muhammad. Meski dari luar Jakarta, yakni Medan, konten Mak Betty-nya selalu trending. Subsribers-nya 8,8 juta. Penghasilan Rp 4,3 M-Rp 70,4 M per tahun
Di luar negeri, lebih gila lagi, Ryan’s World, PewDiePie, DanTDM, Jefree Star berpenghasilan lebih dari 15 juta dollar. Dari mana dapat duitnya? 1.Youtube partner program. Pernah terpotong iklan saat sedang nonton kanal youtube? Nah, itu artinya youtuber tersebut telah memenuhi syarat untuk bergabung dengan program ini. Artinya watch time minimal 4.000, dan subsribers 1.000 dalam setahun sudah terpenuhi. 2. Youtube sponshorship. Brand produk tertentu akan membayar youtuber untuk menciptakan satu video advertorial khusus untuk produk tersebut. Youtuber akan mengajukan sekitar Rp 750 ribu per seribu penonton. Karena berbasis penonton inilah, maka youtuber menggenjot dengan cara apa pun untuk meraih penonton sebanyak-banyaknya. 3. Youtube affiliate marketing. Pernah melihat youtuber menayangkan video review suatu produk? Nah, itulah yang disebut youtube affiliate marketing. Makin banyak yag beli produk yang di-review youtuber, makin banyak duit dan komisi yang bakal didapat. Tertarik? Hanya butuh satu: kreativitas. Tak harus gila membakar Mercy atau mengado istri 6 Kg emas. Cukup keunikanmu, be different, dan konsisten di situ terus menerus. Salam! Ali Murtadlo, Kabar Gembira Indonesia (KGI)

Sumber: