PDAM Surya Sembada Tingkatkan Pelayanan Online

PDAM Surya Sembada Tingkatkan Pelayanan Online

Surabaya, memorandum.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya mengalihkan seluruh layanan berbasis online dan digitalisasi. Tujuannya, untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan. Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Mujiaman Sukirno mengatakan, sebelum ada pandemi Covid-19, pihaknya sudah membuka layanan secara online. "Mulai dari pengaduan pelanggan, pembayaran rekening tagihan sampai pendaftaran pemasangan jaringan baru. Semuanya dilakukan online,” beber dia saat video conference dengan awak media, Rabu (20/5) sore. Menurut Mujiaman, pengendalian operasional perusahaan dengan sistem digitalisasi berbasis online akan diperkuat lagi ke depan. Tujuannya, supaya pelayanan ke pelanggan PDAM untuk suplai air bersih terus berlangsung normal di tengah merebaknya vrus corona. Upaya yang telah dilakukan oleh PDAM saat ini, yakni mengurangi 20 persen jam kerja para karyawan atau hanya 140 jam per bulan. Selebihnya bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kemudian jumlah karyawan yang kerja di kantor juga telah dikurangi antara 40-50 persen. Ia menjelaskan, jika dulu sebelum pandemi Covid-19, PDAM Surya Sembada karyawannya yang bekerja di kantor sebanyak 25 orang, maka kini berkurang menjadi 5 orang. Tentunya cara WFH seperti ini akan dipertahankan untuk kelangsungan hidup karyawan dan pelanggan. Masih lanjut dia, pihaknya ingin para karyawan PDAM sejahtera dan tetap bertahan di tengah pandemi. Mereka tetap akan bekerja, meski hanya dari rumah dengan penyesuaian jam kerja. "Kami akan mewawancarai seluruh karyawan di tiap-tiap departemen mengenai pekerjaannya, apakah bisa dikerjakan dari rumah atau tidak. Ini penting karena ke depan  harus bisa menghadapi kehidupan dengan peradaban baru di tengah virus corona,” jelasnya. (udi/tyo)  

Sumber: