Jalankan Skema The New Normal, Seluruh Layanan Pelindo 3 Berbasis Online
Surabaya, Memorandum.co.id - Pelindo 3 menerapkan skema kerja new normal (normal baru) setelah Hari Raya Idul Fitri sesuai surat edaran (SE) Menteri BUMN Nomor: 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. Mengacu pada SE tersebut, karyawan di Pelindo 3 akan kembali bekerja penuh setelah Idul Fitri. Keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung langkah-langkah strategis pemerintah. Untuk itu, Pelindo 3 mempersiapkan skema antisipasi skenario the new normal mulai dari penerapan protokol kesehatan, penerapan WFH hingga penerapan layanan digital untuk kegiatan operasionalnya. Selama pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PSBB, pelayanan jasa kepelabuhanan tidak pernah berhenti tetap beroperasi 24/7 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Khusus pelayanan kapal internasional, sebelum sandar menjalani pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kapal hanya diizinkan untuk bersandar apabila sudah dinyatakan bersih dan dapat bongkar muat barang maupun penumpang. Di Pelindo 3, sistem pelayanan kepelabuhanan telah berbasis internet, Port Operation Command Center (POCC). Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan dengan mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan demi kenyamanan para mitra bisnis seiring semakin meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan yang dikelolanya. Selama ini Pelindo 3 telah menerapkan pelayanan dan operasional berbasis digital melalui berbagai sistem dan aplikasi, di antaranya single portal Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care. Terbaru, saat ini sedang dilakukan ujicoba Epilot di Pelabuhan Tanjung Perak, diharapkan sukses sehingga nantinya kapal dapat masuk ke pelabuhan dengan bantuan sistem digital. Direktur Utama Pelindo 3, Doso Agung menjelaskan bahwa semua layanan tersebut merupakan sebuah web portal elektronik yang di desain khusus bagi para pelanggan dan dapat diakses secara daring secara aman serta mudah, untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan Pelindo 3 dalam bertransaksi. “Para pengguna jasa dapat menggunakan layanan daring dari Pelindo 3, sehingga tidak perlu datang ke terminal/pelabuhan untuk mendapatkan layanan jasa kepelabuhanan,” jelas Doso Agung, Rabu (20/5). “Namun jika ada pengguna jasa harus datang ke kantor, terminal, atau pelabuhan karena keperluan yang mendesak, maka diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker, hand sanitizer, serta physical distancing,” katanya. Mengenai pelayanan online, Ketua DPC INSA Jatim Stenven H Lesawengen mengapresiasi semua layanan yang telah diterapkan menjelang skema new normal di terminal dan pelabuhan. “Saya apresiasi inovasi digitalisasi di Pelindo 3, sehingga memudahkan kami sebagai pelaku logistik. Contohnya meeting online, sekarang sudah tidak diperlukan kehadiran kami di satu lokasi untuk rapat, namun cukup ikut secara online dari manapun kapal-kapal kami dapat terlayani dengan baik,” ungkap Stenven H Lesawengen. “Menurut saya, Pelindo 3 sudah sangat siap menghadapi era the new normal, karena semua layanan jasa kepelabuhanan bisa diselesaikan melalui online yang membuat operasional kami sebagai pengguna jasa lebih praktis, cepat dan efisien,” tambahnya. (lis)
Sumber: