KAI Daop 8 Layani 5 Juta Penumpang Selama 2024 dengan Peningkatan Performa Ketepatan Waktu
Penumpang di Stasiun Pasarturi.--
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat kinerja positif pada angkutan penumpang dari periode Januari hingga Desember 2024 dengan melayani 5.864.312 penumpang.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, untuk penumpang kereta api jarak jauh pada tahun 2024 mengalami peningkatan 6,9% dibandingkan dengan tahun 2023.
Selama priode kurun waktu 3 tahun terakhir dari tahun 2022 sampai dengan tahun tahun 2024 KAI Daop 8 Surabaya juga terus mengalami pertumbuhan.
BACA JUGA:KAI Daop 8 Bersih Lintas Jalur KA Antara Sidotopo-Benteng
KAI Daop 8 Surabaya mencatat pada tahun 2022 melayani penumpang sebanyak 4.150.266, tahun 2023 sebanyak 5.482.291, dan pada tahun 2024 ini sebanyak 5.864.312 penumpang.
Luqman Arif menyebutkan adanya peningkatan kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kereta api didorong oleh semakin tingginya kesadaran akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Disamping itu, semakin banyak orang yang memilih kereta api karena merasa bahwa kereta api memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan lingkungan, sekaligus memberikan kenyamanan dan kemudahan, serta ketepatan waktu dalam perjalanan.
Dalam hal ketepatan waktu perjalan KA, KAI Daop 8 Surabaya juga terus berupaya meningkatkan keandalan prasarana dengan fokus pada bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih tahan lama yang juga mendukung on time performance lebih optimal,” pungkas Luqman.
BACA JUGA:33 Ribu Pelanggan Akhiri Libur Nataru 2024/2025 KAI Daop 8 Surabaya
Ia mengatakan, on time performance menjadi salah satu faktor utama yang membuat penumpang memilih kereta api sebagai moda transportasi. Oleh karena itu, KAI Daop 8 Surabaya terus berusaha untuk memastikan layanan perjalanan kereta api dapat melayani masyarakat dengan selamat, cepat, tepat waktu, serta nyaman.
“KAI Daop 8 mencatat OTP (On Time Performance) yang mengukur ketepatan keberangkatan dan kedatangan kereta api selama 2024 juga mengalami peningkatan pada keberangkatan. Pada Januari hingga Desember 2024 on time performance keberangkatan kereta api penumpang mencapai rata-rata 99,10 persen atau meningkat dibanding tahun 2023 yaitu 99 persen. Sedangkan untuk on time performance kedatangan pada 2024 yaitu 88 persen sama dengan perolehan pada tahun 2023 yaitu 88 persen,” jelas Luqman.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, KAI Daop 8 akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik melalui berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas pada tahun 2025.
BACA JUGA:KAI Daop 8 Surabaya Tawarkan Tarif Promo Parsial untuk Perjalanan Awal Tahun 2025
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan untuk menggunakan layanan kereta api. KAI Daop 8 Surabaya akan terus berupaya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas, serta berupaya tepat waktu sampai tujuan untuk kepuasan pelanggan," tutup Luqman Arif. (rio)
Sumber: