Angin Kencang Sapu Rumah Warga di Pasuruan

Angin Kencang Sapu Rumah Warga di Pasuruan

Kondisi rumah roboh setelah diterjang angin kencang dan hujan deras.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Hujan deras disertai angin kencang menyapu wilayah Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten PASURUAN. Akibatnya, sebagian rumah milik Syaiful Arifin, warga setempat roboh.

BACA JUGA:Polsek Temayang Beri Sembako Korban Rumah Roboh

Peristiwa ini terjadi pada Senin 21 Oktober 2024 sekitar pukul 16.50 WIB. Angin kencang yang menerjang dengan tiba-tiba membuat struktur dinding rumah tidak mampu menahan tekanan, sehingga akhirnya ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang di Surabaya, 5 Pohon Tumbang dan 2 Rumah Roboh

Mendapatkan laporan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan langsung bergerak cepat. Tim assesment segera diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan darurat kepada keluarga korban. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Tembok Rumah Roboh Diterjang Angin

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kejadian ini menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar bagi keluarga Syaiful. Saat ini, mereka terpaksa menumpang di rumah lain yang kondisinya juga tidak layak huni.

BACA JUGA:Gotong Royong Bersihkan Material Rumah Roboh

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi pada Selasa 22 Oktober 2024 mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 

BACA JUGA:Kapolres Bantu Korban Rumah Roboh di Balen

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG. Jika terjadi angin kencang atau hujan deras, sebaiknya berlindung di tempat yang aman," ujar Sugeng. (kd/mh)

Sumber: