Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Kota Pasuruan Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Kota Pasuruan Berlangsung Khidmat

HM Toyib dan Gus Nailur Rohman saat gunting balo memperingati HSN 2024 di Ponpes Bayt Alhikmah.--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 diperingati serentak di seluruh Indonesia. Di Kota Pasuruan, HSN dipusatkan di Pondok pesantren Bayt Al Hikmah. Di Ponpes asuhan KH Idris Hamid itu digelar upacara memperingati Hari Santri 2024.  

HSN tahun ini mengambil tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan, kegiatan digelar pada Selasa 22 Oktober 2024. 

Ketua DPRD Kota Pasuruan, HM Toyib didaulat sebagai inspektur upacara peringatan HSN. Upacara itu diikuti santri Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah, lalu ASN dan Non ASN Pegawai Pemerintah Kota Pasuruan. Upacara berlangsung khidmat dan penuh semangat.

BACA JUGA:Peringati Hari Santri, Pj Adhy Karyono Minta Santri Harus Jadi Generasi Masa Kini yang Multitalenta

Dalam sambutannya, HM Toyib membacakan arahan Menteri Agama RI pada hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan ini adalah momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Sejarah mencatat santri adalah satu kelompok yang aktif menggelorakan perlawanan terhadap penjajah salah satu bukti revolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945," ujarnya.

Ia menambahkan sejak resolusi jihad para santri dan masyarakat terbakar semangatnya untuk berjuang dan mempetahankan kemerdekaan.

BACA JUGA:Peringati Hari Santri 2024, Pemkab Tulungagung Beri Bantuan dan Beasiswa Ratusan Santri

"Santri dan masyarakat terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut hingga akhirnya pecah puncak perlawanan pada tanggal 10 November 1945 yang kita kenal sebagai hari pahlawan," tambahnya.

Hari santri tahun 2024 ini mengusung bahwa seorang santri mempunyai tugas melanjutkan perjuangan kyai.

"Melanjutkan juang bukan berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Maka santri masa kini berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik, khususnya para santri dalam meraih masa depan dan memujudkan cita-cita bangsa," tegasnya.

BACA JUGA:Hari Santri, Polisi Sidoarjo Gelorakan Tertib Lalin

Setelah upacara kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat tanah oleh BPN kepada Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah dan pelepasan balon ke ñudara.

Hadir juga dalam kegiatan Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Forkopimda, Kyai, Habaib, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan peserta upacara.(Hari Mujianto/Muh Hidayat)

Sumber: