Berbekal Jabat Kades 3 Periode, Sederet Prestasi Diraih Cabup Warsubi

Berbekal Jabat Kades 3 Periode, Sederet Prestasi Diraih Cabup Warsubi

Warsubi (tengah) menjalani tahapan kampanye didampingi istri.-Muhammad Anwar-

JOMBANG, MEMORANDUM.CO.ID - Sejumlah capaian mentereng ditorehkan H Warsubi, Calon Bupati (Cabup) Jombang nomor urut 2 untuk maju sebagai orang nomor satu di Kota Santri. 

Torehan tadi diraih ketika mengemban amanah sebagai Kepala Desa (Kades) Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, selama 3 periode. Melalui tangan dinginnya, desa yang dipimpin mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bukan hanya di bidang infrastruktur, pengembangan pertanian, dan peternakan turut menjadi prioritas. Pun juga, pengentasan kemiskinan turut menjadi standar kinerja selama memipin. 

BACA JUGA:Datangi Industri Sepatu Sambong Dukuh, Warsubi Tekankan Komitmen WarSa Bagi UMKM

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) H Rianto membenarkan bahwa ketika dipimpin H Warsubi, banyak sekali kemajuan Desa Mojokrapak yang dirasakan seluruh masyarakat. Pembangunan desa yang berkelanjutan, pertanian dan peternakan yang selalu meningkat dan berkembang serta meningkatnya taraf hidup masyarakat.

"Kalau mau membandingkan dengan kepala desa sebelumnya susah. Karena Abah (panggilan akrab Warsubi) sudah menjalani sebagai kepala desa selama 3 periode. Jadi jelas banyak sekali perubahan maju yang berjalan di Desa Mojokrapak," ujarnya.

Sebab, lanjutnya, jalanan rusak yang masuk jalan desa sudah tidak ada sama sekali. Semua jalan usaha tani dibenahi, saluran irigasi juga diperbaiki. 

"Tak hanya membangun, Abah Warsubi juga selalu aware dengan pemeliharaan infrastruktur desa," lanjutnya. 

Secara demografi, Mojokrapak termasuk desa yang cukup luas karena memiliki 7 dusun. Meski begitu, anggaran desa yang diterima tidak jauh berbeda dengan desa yang berukuran kecil. Namun sebisa mungkin, Mojokrapak berbenah dan berusaha meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dengan berdaya. 

BACA JUGA:Gempita Suara Gelaran Pasar WarSa, Masyarakat Inginkan Warsubi Pimpin Jombang

Sebagai kepala Desa, Warsubi rupanya menyadari hal tersebut. Sehingga, program kerjanya kemudian didasarkan pada pengembangan potensi Mojokrapak sendiri. Karena dia seorang petani, dan sebagian besar masyarakatnya ada petani, maka ia fokus untuk menggerakkan warganya untuk mencukup pangannya sendiri. 

Karena hal itu lah ia menerima penghargaan sebagai Kepala desa terbaik se-Jawa Timur dalam hal ketahanan pangan. Berkat itu, ia pun dianugerahi penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Tak cuma itu, kata Rianto, Yulianti Nugrahani, Istri dari Warsubi yang juga merupakan ketua Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) juga melibatkan masyarakat desa untuk menanam tanaman dan sayuran organik di pekarangan rumah. Sehingga kebutuhan sayuran keluarga terpenuhi. Jika hasil lebih, bisa dijual kembali. 

"Mojokrapak juga memenangkan lomba KRPL ini di tingkatan Jatim sebagai juara III terbaik. Bu Lurah yang turun langsung," katanya.

BACA JUGA:Terima Rekom Gerindra, Pasangan Warsubi-Gus Salman Berencana Bangun Koalisi Gemuk di Pilkada Jombang

Sumber: