Sidoarjo Bersatu Tekan Stunting

Sidoarjo Bersatu Tekan Stunting

Rapat Pembahasan Pelaksanaaan SSGI di ruang rapat Opsroom Setda Sidoarjo.--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Pemerintah Kabupaten SIDOARJO bersama dengan berbagai organisasi masyarakat dan akademisi berkomitmen untuk menurunkan angka stunting. Dalam rapat koordinasi yang digelar baru-baru ini, para peserta sepakat bahwa salah satu upaya yang perlu ditingkatkan adalah penanganan anemia pada remaja putri. 

Berdasarkan data tahun 2023, angka anemia pada remaja putri di Kabupaten Sidoarjo mencapai 51,6% atau sekitar 12.061 jiwa. Hal ini dinilai menjadi salah satu faktor yang turut menghambat capaian nilai Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) di Kabupaten Sidoarjo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Fenny Aprdawati menekankan bahwa fokus utama saat ini adalah menurunkan angka anemia tersebut sebagai bagian dari upaya mencapai target zero stunting.

BACA JUGA:Cegah Stunting, 20.299 KK Warga Terima Bantuan Daging dan Telur

“Angka anemia pada remaja putri yang tinggi ini adalah sebuah tantangan serius. Oleh karena itu, kami mengimbau agar seluruh OPD yang berkaitan langsung dengan kesehatan remaja putri dapat mengimplementasikan program Minum Tablet Tambah Darah di sekolah-sekolah secara rutin. Kolaborasi lintas sektor sangat dibutuhkan agar pelaksanaan program ini berjalan efektif,” ujar Sekda Sidoarjo saat menghadiri Rapat Pembahasan Pelaksanaaan SSGI di ruang rapat Opsroom Setda Sidoarjo, Rabu (9/10). 

Selain itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sidoarjo, Heri Susanto menyampaikan pentingnya kolaborasi antara OPD dan pihak terkait lainnya untuk mengintegrasikan program penurunan angka anemia dan stunting. 

“Masing-masing OPD hendaknya dapat bersinergi dalam menyelenggarakan program kegiatan sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana secara maksimal dan efisien,” katanya.

BACA JUGA:Kelana-Dwi Astutik Fokus Tekan Kasus Stunting di Sidoarjo

Rapat ini menegaskan bahwa penurunan angka anemia pada remaja putri menjadi prioritas utama. Hal ini tidak hanya akan berdampak pada peningkatan kesehatan generasi muda, tetapi juga sebagai salah satu indikator kunci untuk mewujudkan Kabupaten Sidoarjo sebagai Kabupaten Zero Stunting.(nrl/imm/sud/jok)

Sumber: