SMKN 1 Sumenep Jalin Kerja Sama dengan Dudika di Malang

SMKN 1 Sumenep Jalin Kerja Sama dengan Dudika di Malang

SMKN 1 Sumenep jalin kerja sama dengan berbagai Perusahaan hingga Perguruan Tinggi di Kota Malang--

SUMENEP, MEMORANDUM.CO.ID - Kelompok Kerja (Pokja) Hubungan Masyarakat (HUMAS) SMKN 1 Sumenep jalin kerja sama dengan berbagai Perusahaan hingga Perguruan Tinggi di Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kepada Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) yang ada di Kota Malang, Jawa Timur.

Khusus di Kota Malang, SMKN 1 Sumenep resmi jalin kerja sama dengan 6 DUDIKA, diantaranya Biro Sistem informasi dan digitalisasi Universitas Muhammadiyah Malang, PT. Sarastya Agility Innovations (SAI), PT. Sarastya Technology Integrata (STI), PT. Humma Teknologi Indonesia, Taman Rekreasi Sengkaling UMM dan Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang.

BACA JUGA:Penerapan Prototipe Produk Digital Kreatif Modul Embedded-IoT Pendidikan STEM di SMK SIANG dan SMK Kawung

Waka Hubungan Masyarakat (HUMAS) SMKN 1 Sumenep mengatakan, bahwa kerja sama dilakukan sebagai upaya memperluas kemitraan, perihal Praktik Kerja Lapangan, Pemagangan Guru dan Kunjungan Industri.

"Penandatanganan MoU tadi sebagai bentuk komitmen sekolah, untuk mengembangkan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah kami. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari aspirasi orang tua siswa dalam perluasan pengalaman siswa sesuai konsentrasi keahlian masing-masing," kata Taufik.

Disamping MoU, pihaknya mengaku telah menyerahkan sebanyak 8 Siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), untuk melaksankan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Biro Sistem informasi dan digitalisasi Universitas Muhammadiyah Malang.

BACA JUGA:Pelindo Daya Sejahtera dan Disnakertrans Jatim Bekali Pemahaman Hubungan Industrial bagi SMK

"Alhamdulillah Kami bersama orang tua siswa telah menyerahkan putra-putri kami untuk PKL di UMM. Kami menyampaikan terima kasih kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan program PKL ini dilaksankan di Luar Madura, juga untuk kampus UMM kolaborasi positif ini semoga selalu berjalan searah," ungkapnya.

Sementara itu, Ruslan selaku kepala Biro Sistem informasi dan digitalisasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengatakan, program PKL tersebut perlu dilakukan untuk menguatkan pemahaman siswa.

Karena, kata dia, dengan melaksanakan PKL diluar Madura, maka banyak hal yang bisa didapatkan, termasuk perancangan dan penyelesaian project.

BACA JUGA:Risma Berkomitmen Gratiskan SMA/SMK Jika Terpilih Gubernur Jawa Timur

Terlepas dari itu, pihaknya turut apresiasi SMKN 1 Sumenep yang telah mendorong Siswa untuk berani memulai hal baru, dengan PKL di luar madura.

"Kami berterima kasih juga kepada SMKN 1 Sumenep yang telah percaya, menitipkan anak didik untuk belajar lebih serius dengan sistem informasi di Kampus UMM, semoga pada saat Siswa ini balik ke Sumenep bisa mengagas karya dan dapat menularkan pengalaman selama PKL di Malang," tukasnya. (aan)

Sumber: