Tim Paskib Yunior SDI Waha Bangil Sabet Juara Umum LPBB se Jawa Timur

Tim Paskib Yunior SDI Waha Bangil Sabet Juara Umum LPBB se Jawa Timur

Tim Paskib Yunior SDI Waha Bangil Sabet Juara Umum LPBB se Jawa Timur--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Sekolah Dasar Islam (SDI) Wakhid Hasyim Bangil patut berbagga. Tim Paskib Yunior berhasil menyabet tropi juara umum Lomba Peraturan Baris Berbaris (LPBB) se Jawa Timur. Tasya dkk mampu menundukkan Tim baris berbaris asal Kota/Kabupaten lainnya di Jawa Timur

Tim Paskib Yunior SDI Waha berhasil menyabet 5 tropi dalam lomba tersebut. Mereka dinyatakan dewan juri layak memboyong tropi juara I dalam kategori Best PBB, Best formasi, Best pelatih dan juga juara utama. Hanya Best Variasi yang mendapatkan tropi runner up (juara 2). 

Dengan 5 tropi itulah, mereka mampu menyabet tropi bergilir sebagai juara umum tahun 2024 ini. “Syukur alhamdulilillah, anak-anak mampu tampil tenang dan lepas. Juara umum ini menjadi kebanggaan anak-anak dan kebanggaan sekolah,” ujar Kepala SDI Wakhid Hasyim atau Waha, Khoiron Slamet pada Minggu 29 September 2024. 

BACA JUGA:Paskibraka SD Muhammadiyah 24 Pukau Pengunjung Memorandum Haji Umrah Expo 2024

Lomba LPBB sendiri digelar di lapangan SMANIKE Kejayan Pasuruan pada Minggu 22 September 2024 lalu. Tim yang berlaga saat itu sebanyak 11 peserta. Berasal dari wilayah Surabaya, Malang, Paciran-Lamongan, Probolinggo dan beberapa peserta dari Pasuruan sendiri.

Saat tampil, tim Paskib Yuniro Waha beranggotakan 13 personil. Dengan 1 komandan Pasukan (Danpas). Mereka rata-rata berasal dari kelas IV dan V SD tersebut. Tubuh yang rata-rata mungil, membuat penampilan mereka sempat dicibir para penonton atau peserta lain. “Lha ya, anak-anaknya mungil begitu, masak bisa baris berbaris,” cerita Indana Zulfa, sang pelatih menggambarkan celotehan penonton di lapangan. 

Namun, cibiran itu dibalas Tasya dkk dengan kerja keras. Hampir di setiap kategori lomba yang digelar LPBB Kalingga ini, semua ditempuh dengan lancar. Bahkan, juri Suroto yang didatangkan dari Jawa Barat, harus melihat dari dekat untuk melihat formasi baris berbaris dari tim Paskib ini. 

BACA JUGA:Kapolres Tulungagung Berikan Piagam Penghargaan kepada Anggota Paskibraka

“Kami mempersiapkan ini lumayan lama. Kita persiapan anak-anak dari kelas III. Karena tidak mudah melatih dan menempa mental anak-anak ini,” tutur Indana. 

Sebelum meraih juara umum, tim Paskib Yunior Waha juga pernah menyabet Juara Madya 2 di Sidoarjo pada 3 Maret 2024. Bekal itulah yang membuat Tasya dkk lebih percaya diri. “Sebenarnya kami tidak menargetkan anak-anak mendapat juara umum ini. Bagi kami, anak-anak bisa tampil terbaik saja, kami sudah bersyukur,” tegasnya. 

Selain tim Paskib Yunior, SDI Wakhid Hasyim Bangil juga memiliki tim A (senior). Rata-rata mereka duduk di kelas V dan VI. Tim senior SDI Waha pernah menyabet juara se Jawa Timur. Mereka juga akan dipersiapkan dalam lomba baris berbaris di Lamongan pada 27 Oktober 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Kukuhkan 72 Paskibraka

“Banyak hal yang bermanfaat jika anak-anak ikut lomba baris berbaris. Anak-anak lebih konsentrasi. Lalu percaya diri. Bisa bentuk kerjasama atau kebersamaan tim yang baik. Feel atau rasa antar anak juga harus menyatu. Dan yang penting lagi, anak-anak diajari lebih disiplin,” tambah Kepala SDI Waha Bangil, Khoiron Slamet. (Muh Hidayat)

Sumber: