Disnaker Jember Gandeng 32 Perusahaan Siapkan 40 Peserta Latihan Kerja untuk Dunia Usaha

Disnaker Jember Gandeng 32 Perusahaan Siapkan 40 Peserta Latihan Kerja untuk Dunia Usaha

Kepala Disnaker Jember, Suprihandoko, Serahkan piagam penghargaan pada perwakilan perusahaan dan pengusaha--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya menekan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas tenaga kerja, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Jember menggelar program pemagangan bagi 40 pemuda. Setelah menjalani pelatihan intensif selama 3 bulan, para peserta kini siap ditempatkan di 32 perusahaan mitra.

Kepala Disnaker Jember, Suprihandoko, mengungkapkan bahwa program ini dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga sikap kerja yang baik. "Kami melatih mereka dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan," ujarnya.

"Pelatihan ini, Menurut Suprihandoko selama 3 bulan, dimana 1,5 bulan in class dan 1,5 bulan pemagangan di perusahaan. Sebagai tenaga magang mereka tidak digaji tapi mendapat insentif dari APBD selama magang," urainya.

BACA JUGA:Disnaker Jember Siap Beri Sanksi Perusahaan yang Tak Bayar THR

Lebih lanjut, Kalau mereka sudah kompeten, profesional baru digaji perusahaan, sehingga bisnis dari para pengusaha itu tidak terganggu oleh SDM yang dari Jember, itu yang diharapkan Suprihandoko. 

"Begitu dikontrak oleh perusahaan, maka dia menjadi tenaga kerja yang sudah kompeten dan profesional," imbuhnya. 

Suprihandoko meyakini, dengan integritas, kejujuran, disiplin dan tanggung jawab maka  dia akan dipilih dan di kontrak oleh perusahaan.

BACA JUGA:Keluhkan Jam Kerja, Karyawan PT Indomarco Jember Wadul Disnaker

"Dengan etos kerja yang baik, kita juga membekali siswa pemagangan dengan ide- ide , inovasi dalam rangka memunculkan daya saing yang kompetitif sehingga menjadi profesional dan bisa dicontoh," Tambahnya. 

Peserta Pemagangan  kita minta tetap membangun sinergi , kolaborasi dan akselerasi dengan pihak-pihak termasuk Disnaker, FKJP dan perusahaan.

"Dengan Jember Kompeten, "Pihaknya berharap para HRD atau pengusaha bisa menceritakan pada yang lain sehingga terpanggil untuk  berinvestasi di Jember,  membuka lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja baru," Harapannya. 

BACA JUGA:Gandeng LP3H, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember Gratiskan Pengurusan Sertifikat Halal Pelaku UMKM

Pada kesempatan ini, Disnaker Jember menyerahkan secara simbolis apresiasi atas partisipasi dan kerja semangat atas penyerapan tenaga kerja, salah satunya pada CV. Andrian Jaya Abadi yang dianggap mampu memberikan solusi disaat kesulitan dalam mencari persewaan alat- alat berat.

"Kita kasih penghargaan pada perusahaan- perusahaan yang telah menerima siswa pemagangan sekaligus penyerahan tanda lulus pelatihan pemagangan. " Jlentrehnya 

Sumber: