Pilkada Bondowoso: RAHMAD Dapat Nomor 1, BAGUS Nomor 2

Pilkada Bondowoso: RAHMAD Dapat Nomor 1, BAGUS Nomor 2

Paslon Cabup-cawabup RAHMAD dan BAGUS Angkat nomor Urut Undian --

BONDOWOSO, MEMORANDUM.CO.ID - Suasana Ballroom Ijen View Bondowoso memanas semalam saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menggelar pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso untuk Pilkada 2024. Dua paslon yang akan bertarung, yakni Ra Hamid – Ra As’ad (RAHMAD) dan Bambang – Gus Baqir (BAGUS), akhirnya mengetahui nomor urut yang akan mereka bawa selama masa kampanye.

RAHMAD, yang diusung oleh koalisi partai dengan total perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024, berhak atas nomor urut 1. Sementara itu, BAGUS yang didukung oleh koalisi partai lainnya harus puas dengan nomor urut 2.

Ketua KPU Bondowoso, Suaedi, menjelaskan bahwa pengundian dilakukan secara transparan dan melibatkan semua pihak terkait. Dengan ditetapkannya nomor urut ini, maka secara resmi masa kampanye Pilkada Bondowoso 2024 dapat dimulai.

BACA JUGA:Risma Bawa Angin Segar di Bondowoso: Rakyat Sejahtera, Birokrasi Efisien

"Pertama, pengambilan antrean nomor urut, dimulai dari pasangan pendaftar lebih dulu ke KPU Bondowoso. Setelah antrean nomor urut itu dibuka, lanjutnya, dilanjutkan tahap dua. Yaitu pengambilan undian nomor urut, Ungkap Ketua KPU Bondowoso. Senin 24 September 2024.

"Setelah itu, dibacakan Berita Acara (BA) oleh KPU terkait penetapan nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) yang ditandatangani Ketua dan Komisioner KPU," imbuhnya.

Diketahui, Pilkada Bondowoso 2024, Paslon RAHMAD diusung oleh PKB (16 kursi), Partai Golkar (7 kursi), Partai Gerindra (4 kursi) dan PSI (non parlemen). 

BACA JUGA:RSD dr Soebandi Siapkan 60 Dokter Periksa Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jember-Bondowoso

Gabungan partai politik pengusung RAHMAD memeroleh sebanyak 278.125 suara sah pada Pemilu 2024 lalu.

Sementara Paslon BAGUS diusung oleh PPP (7 kursi), PDIP (5 kursi), Partai Demokrat (3 kursi), PKS (2 kursi), Partai Gelora (1 kursi) serta 2 partai non parlemen yakni PAN dan PBB. 

Gabungan partai politik pengusung BAGUS meraup 200.090 suara sah di Pileg 2024 lalu. (edy)

Sumber: