Andriyanto Pamitan, Nurkholis Menggantikan

Andriyanto Pamitan, Nurkholis Menggantikan

Andriyanto ketika berpamitan dan Pj Bupati Pasuruan yang baru Nurkholis.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Pergantian Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan akhirnya terjadi. Andriyanto yang menjabat setahun resmi berpamitan kepada seluruh ASN dan perwakilan tokoh masyarakat di halaman Gedung Maslahat, Senin 23 September 2024. Mendagri menggantikan posisi Andriyanto dengan Nurkholis

BACA JUGA:Pj Bupati Pasuruan Sidak Lokasi Kebakaran Pasar Pasrepan, Siapkan Relokasi dan Bantuan Modal Usaha

Sebelumnya Nurkholis menjabat Pj Wali Kota Probolinggo. Nurkholis pulalah yang sempat diusulkan 7 fraksi di DPRD Kabupaten Pasuruan pada saat pj pertama dulu. Usulan itu juga didukung Pemprov Jatim. Namun nama Andriyanto lah yang muncul dan dipilih Mendagri untuk ditempatkan di Kabupaten Pasuruan. Sementara, Nurkholis tergeser di tetangga kota sebelah, yakni Kota Probolinggo. 

BACA JUGA:Dewan Akhirnya Usulkan Tiga Nama Pj Bupati Pasuruan

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pasuruan Abdul Karim berani memastikan pergantian nama Pj Bupati itu. Pihaknya mengaku telah menerima surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pergantian Pj Bupati Pasuruan tersebut.

"Berdasarkan surat yang kami terima, Pak Andriyanto akan digantikan Pak Nurkholis sebagai Pj Bupati Pasuruan yang baru," jelas Karim saat dihubungi Senin 23 September 2024.

BACA JUGA:DPRD Pasuruan Segera Usulkan Nama Pengganti Pj Bupati

Pergantian kepemimpinan ini dijadwalkan dalam waktu dekat. Karena jabatan Pj yang disandang Andriyanto resmi berakhir pada 24 September 2024. Nurkholis diperkirakan akan menjabat selama kurang lebih lima bulan saja. Sisa masa jabatan saat proses Pilkada Kabupaten Pasuruan. Atau selesai jabatannya saat bupati baru dilantik sekitar Februari 2025. 

Dengan waktu yang relatif singkat, diharapkan Pj Bupati yang baru dapat segera menyesuaikan diri dan melanjutkan program-program pembangunan yang telah berjalan. 

BACA JUGA:Pj Bupati Pasuruan Dorong Transformasi Koperasi di Era Digital

"Kami berharap Pak Nurkholis dapat bersinergi dengan baik bersama legislatif dalam membangun Kabupaten Pasuruan," tambah Karim.

Selama menjabat sebagai Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto telah berhasil meraih sejumlah prestasi dan menyelesaikan beberapa permasalahan daerah. 

BACA JUGA:Kakanim Malang Bahas Perencanaan Peningkatan Pelayanan Publik Layanan Keimigrasian Bareng Pj Bupati Pasuruan

Namun, kini estafet kepemimpinan beralih ke tangan Nurkholis. Masyarakat Kabupaten Pasuruan menaruh harapan besar agar di bawah kepemimpinan yang baru, daerah mereka dapat terus berkembang dan maju.

Sumber: