Bikin Geger, Status WhatsApp Mantan Bupati Pasuruan yang Belok Arah Dukungan

Bikin Geger, Status WhatsApp Mantan Bupati Pasuruan yang Belok Arah Dukungan

Screenshoot unggahan yang diambil dari status WhatsApp pribadi Irsyad Yusuf.-Hari Mujianto/Muhammad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANUDUM.CO.ID - Mantan Bupati Pasuruan dua periode, HM Irsyad Yusuf bikin geger. Unggahan status di WhastApp (WA) pribadinya, Sabtu 21 September 2024, cukup jelas menyampaikan pesan ke mana arah dukungannya. Yakni kepada pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati diluar jalur PKB. 

BACA JUGA:Banser Demo Pj Bupati, Gara-Gara Gambar Irsyad Yusuf di Gelas Kopi Kapiten Dicoret dengan Spidol

Arah dukungan Gus Irsyad, begitu ia biasa disapa berbelok arah dan kini mengarah kepada pasangan calon (paslon) HM Rusdi Sutedjo dan HM Shobih Asrori. 

"Mas Rusdi-Gus Shobih

Saatnya yang santun dan yang bisa menghargai orang lain yang memimpin Kabupaten Pasuruan ????????????????????ayo kita dukung dan menangkan ???????????? bismillah," demikian bunyi unggahan WA pribadi Gus Irsyad yang bisa dilihat banyak orang. 

Di sebelah narasi unggahan di status WhatsApp pribadinya tersebut, membuat banyak pertanyaan dengan menampilkan foto bakal pasangan calon.

BACA JUGA:Pasangan Rusdi-Shobih Datangi Bawaslu, Ada Apa?

Keputusan ini menarik perhatian publik, karena sebelumnya Gus Irsyad terlihat hadir dalam deklarasi pasangan Gus Mujib-Ning Wardah. Yakni ketika paslon ini akan mendaftar ke KPU Pasuruan

BACA JUGA:Dewan Terima Surat Pengunduran Diri Rusdi-Shobih, KPU Siap Verifikasi Administrasi Berkas Calon

Gus Irsyad sendiri memiliki pengaruh besar di kalangan nahdliyin dan masyarakat. Selain pernah menjabat Ketua DPRD dan Bupati Pasuruan 2 periode, ia juga menjabat 2 periode Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan. Hingga akhirnya ia terpaksa mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PKB, menjelang pembukaan pendaftaran calon bupati/wabup pada partainya. 

BACA JUGA:Rusdi-Shobih Luncurkan 33 Program Prioritas, Angkat Potensi Santri dan Persekabpas

Banyak yang mensinyalir, belokan arah dukungan Gus Irsyad ini dikarenakan dirinya merasa diperlakukan "tak adil" oleh DPP PKB. Sebagai caleg pada Pemilu 2024, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dan akhirnya terpilih.

Namun tak ada konfirmasi atau alasan apapun, ternyata beredar kabar, ada dua kader PKB terpilih yakni Achmad Ghufron Sirodj dan Irsyad Yusuf dipecat atau diberhentikan oleh DPP PKB tanpa alasan yang jelas.

Atas surat dari DPP PKB itu, maka pihak KPU pusat juga mengumumkan penetapan pergantian calon anggota DPR RI terpilih untuk Pemilu 2024. Yakni melalui Keputusan Perubahan Ketiga yang dikeluarkan pada 20 September 2024. 

Sumber: