Persaingan Ketat! 866 Pelamar CPNS Jember Gugur di Tahap Awal

Persaingan Ketat! 866 Pelamar CPNS Jember Gugur di Tahap Awal

Ribuan CPNS Jember ikuti seleksi administrasi--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Ribuan pelamar CPNS Pemkab Jember harus gigit jari. Dari total 7.208 pelamar yang melakukan submit, hanya 6.342 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Untuk bersaing ketat mendapatkan dari salah satu 250 formasi yang tersedia.

Setelah Panitia Seleksi Daerah (Panselda) mengumumkan hasil kelulusan sementara seleksi administrasi CPNS Pemkab Jember, Kamis 19 September 2024.

BACA JUGA:Rebutan Kursi ASN, Pemkab Jember Banjir Ribuan Pelamar CPNS

BACA JUGA:Tenaga Ahli Kementerian Pertanian Apresiasi Inovasi Pupuk Organik Si Jempol Jember

Kepala BKPSDM Jember Sukowinarno mengatakan, ada 6.342 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat pada tahap seleksi administrasi.

Sementara sisanya, yaitu 866 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Ada beberapa hal yang menyebabkan pelamar dinyatakan TMS, yaitu ijazah tidak sesuai, salah unggah dokumen, 1 materai digunakan lebih dari 1 dokumen, IPK kurang dari 3.00 dan dokumen yang diunggah tidak asli (foto copy). 

"Tahun ini, jumlah pelamar CPNS pemkab jember mencapai 7.924, dengan total yang melakukan submit 7.208 pelamar. Dari jumlah yang melakukan submit itu, ada 6.342 pelamar yang lolos memenuhi syarat dan 866 pelamar TMS," kata Suko. 

BACA JUGA:Pemkab Jember Gelar Penghijauan dan Bersih-bersih Sungai

BACA JUGA:Sukorejo Gencarkan Lokakarya, Percepat Penanggulangan Stunting

Untuk tahap berikutnya, lanjut dia, masa sanggah yang akan dimulai pada tanggal 20-22 September 2024. Suko mengatakan, pelamar CPNS bisa memanfaatkan masa sanggah tersebut, apabila mendapatkan notifikasi TMS (tidak memenuhi syarat) dan merasa tidak melakukan kesalahan.

"Ini merupakan bagian dari hak pelamar yang mungkin dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi. Itu silakan untuk masa sanggah bisa dicek di laman resmi BKPSDM Jember atau akun SSCASN masing-masing," kata dia. 

Sekedar diketahui, Pemkab Jember membuka 250 formasi pada pelaksanaan seleksi CPNS 2024. Dari ratusan formasi itu, ada 15 formasi yang kosong pelamar atau tidak ada pendaftarnya. Di antaranya, 12 formasi dokter spesialis dan 3 formasi untuk disabilitas. 

"Untuk disabilitas, itu tersedia 5 formasi. Namun ada 3 formasi, yang tidak ada pendaftarnya," tambahnya. 

BACA JUGA:Pemkab Jember Apresiasi PTPN I Regional 4 Kebun Tembakau Peduli Penurunan Stunting

Sumber: