KSM Al Wadaroriqi Wadungasri Waru Butuh Armada Sampah

KSM Al Wadaroriqi Wadungasri Waru Butuh Armada Sampah

Ketua KSM Al Wadaroriqi Desa Wadungasri, Waru, Sidoarjo, Edi Sunarto--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Ada TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recycle) di Desa Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo lo. Pengelolanya adalah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Al Wadaroriqi. Kelompok ini adalah pekerja sosial. Apa saja kerjanya?

KSM ini menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah dan  pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos. "Pengurus KSM ini pekerja sosial," ujar Kepala Desa (Kades) Wadungasri, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, H Sonhaji, Kamis 19 September 2024.

H Sonhaji menjelaskan, pengurus TPS3R Wadungasri semua tidak mendapat gaji alias pekerja sosial yang mengabdi untuk rakyat. Mereka hanya mendapat insentif sekitar Rp300.000/ bulan.

BACA JUGA:Raup Manfaat, Bocah Surabaya Sulap Sampah Plastik Jadi Ladang Bunga Telang

Namun, lanjut H Sonhaji, sebanyak 11 pengurus KSM ini terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan harapan semua tercover kesehatannya. kesehatannya.

Terpisah, Ketua KSM ini, Edi Sunarto mengatakan, terdapat 8 penggeledek di KSMnya. Kendaraan pengangkut sampahnya, 4 tossa dan 4 gerobak sampah. Ada juga 3 pemilah sampah.

Dikatakan, ada 1.400 KK di desanya yang sampahnya diambil KSM-nya. Volumenya sekitar 36 ton per bulan, 1,2 ton per hari, dan iuran warga Rp25.000/KK. Penarikan dikoordinir RT. Penarik mendapat 10%.

BACA JUGA:Sampah TPST Tambakrejo Menggunung, Clean Up Belum Direalisasi DLHK

Ia berharap KSMnya mendapat dukungan dari pihak terkait. Paling tidak, pihak terkait mau membantu armada bagi KSMnya. "Jumlah armada kami sangat terbatas," tandasnya.(ahmad zaenal abidin/jokosan)

Sumber: