Gus Baha dan Gus Mus Bakal Hadir di Haul KH Abdul Hamid Pasuruan

Gus Baha dan Gus Mus Bakal Hadir di Haul KH Abdul Hamid Pasuruan

KH Abdul Hamid bin Abdullah Umar Pasuruan.-Muhamad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Haul KH Abdul Hamid bin Abdullah Umar Pasuruan sudah semakin dekat. Segala persiapan untuk menyambut gawe besar di Kota Pasuruan ini sudah dipersiapkan dengan matang. Rangkaian Haul KH Abdul Hamid bakal berlangsung sejak Jumat-Sabtu, 13-14 September 2024. 

BACA JUGA:Haul Mbah Slagah Dipadati Jemaah, Mas Adi: Akses Menuju Makam Lebih Luas

Pihak Polres Pasuruan Kota sendiri sudah menyiapkan pengamanan haul dengan melibatkan seluruh komponen keamanan. Rapat koordinasi berlangsung di Mapolres Pasuruan Kota sepekan lalu. Rakor diikuti hampir seluruh petugas, mulai unsur kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, DLH. Lalu, PCNU, GP Ansor (termasuk Banser) Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Hadiri Haul Abuya Assayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maaliki, Kapolres Pasuruan Ajak Ulama Terus Jaga NKRI

"Haul menjadi tolak ukur bagi Polres, khususnya terkait dengan kesiapan pengamanan terkait. Hari ini merupakan rakor final, dan semua kesiapan harus clear dalam giat ini, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Davis Busin Siswara, Kamis 12 September 2024.

BACA JUGA:Pulang Haul di Solo, Warga Pasuruan Akhiri Hidup di Kandang Sapi

Kegiatan pengamanan, menurut AKBP Davis Busin Siswara lebih difokuskan pada dua hari besok. Yakni pada Jumat dan Sabtu (13-14 September 2024). Namun sudah beberapa hari ini, para jemaah dari berbagai Kota dari belahan nusantara sudah mulai berdatangan. 

BACA JUGA:Haul KH Abdul Hamid Pasuruan Digelar Senin

Hadir dalam rakor tersebut adalah Ketua PCNU Kota Pasuruan HM Nailurrahman Idris Hamid. Pria yang juga “ngarso ndalem” atau sohibul hajjah dari acara Haul KH Abdul Hamid ini. HM Nailurrahman atau yang akrab disapa Gus Amak juga mewakili panitia menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan haul. 

BACA JUGA:Haul Mbah Hamid Lancar dengan Prokes Ketat

Pihaknya akan mensosialisasikan hasil rakor kepada seluruh panitia. "Terima kasih kepada semua pihak yang hadir dalam kegiatan rakor ini. Kami akan sosialisasikan kepada para tamu VIP terkait dengan jalur yang disepakati. Kami juga menyiapkan kendaraan penjemput," terangnya.

Gus Amak juga mempresentasikan siapa saja tokoh yang bakal diundang dalam haul KH Abdul Hamid tahun 2024 ini. Di antaranya, pada Jumat digelar Maulid Habsyi dengan pembicara KH Baha`udin Nursalim atau dikenal dengan Gus Baha. 

BACA JUGA:Haul Mbah Hamid, Gus Ipul: Pemkot Siap Ikut Gupuh, Suguh dan Lungguh

Lalu, pada puncak Haul yakni Sabtu 14 September 2024, panitia haul dari pihak Ponpes Salafiyah akan menghadirkan Habib Jindan bin Novel dan KH Mustofa Bisri atau Gus Mus asal Rembang, Jawa Tengah. 

Sumber: