Gelar Raker, PWI Jombang Dorong Peningkatan SDM Jurnalis

Gelar Raker, PWI Jombang Dorong Peningkatan SDM Jurnalis

Raker PWI Jombang di Batu, Malang. --

JOMBANG, MEMORANDUM.CO.ID – Di dunia jurnalistik, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pengembangan inovasi dan kolaborasi sangat dibutuhkan. 

Oleh sebab itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang melakukan peningkatan tersebut melalui Rapat Kerja (Raker) PWI Jimbang periode 2024-2027 di Samara Hotel Batu selama dua hari pada 6-7 September 2024. 

Ketua PWI Jombang, Muhammad Mufid mengatakan, bahwa pentingnya jurnalis meningkatkan kualitas SDM di era digital yang serba cepat. Wartawan harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan menguasai berbagai platform media untuk bisa menyampaikan informasi secara akurat dan tepat waktu.

BACA JUGA:Puncak HPN, PWI Jombang Serahkan JIA 2024 kepada Lima Perusahaan

“Profesionalisme wartawan sangat ditentukan oleh kemampuan mereka dalam berinovasi dan berkolaborasi," katanya. 

Oleh karena itu, Mufid menegaskan, PWI Jombang akan memprioritaskan peningkatan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan dan workshop agar para anggota bisa semakin kompeten dan relevan dengan kebutuhan zaman. 

'Ada beberapa poin penting yang dibahas, antara lain penguatan kompetensi jurnalistik, penguasaan teknologi media baru, serta membangun sinergi dengan berbagai pihak," tegasnya. 

BACA JUGA:Pengurus PWI Jombang Dilantik, Ini Pesan Ketua PWI Jatim

"Termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas masyarakat. Harapannya dapat mendorong terciptanya jurnalisme yang inovatif, responsif, dan bermanfaat bagi publik," lanjutnya. 

Mufid menandaskan, kolaborasi merupakan sebuah kunci. Dengan melalui kerja sama dengan berbagai pihak dapat menciptakan ekosistem pers yang sehat, profesional, dan memiliki dampak yang luas. Salah satu agenda penting dalam raker tersebut adalah rencana pelaksanaan pelatihan jurnalistik berkelanjutan. 

"Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada anggota PWI Jombang agar selalu up-to-date dengan perkembangan dunia pers dan teknologi," tandasnya. 

BACA JUGA:Berbagi Kasih di Bulan Ramadan, PWI Jombang Tebar Takjil

Mufid membeberkan, dalam raker ini ada sesi diskusi terbuka. Setiap anggota diberi kesempatan untuk menyampaikan ide dan masukan terkait peningkatan kualitas kerja wartawan. Sehngga menghasilkan sejumlah rencana konkret yang akan dilaksanakan PWI Jombang dalam tahun mendatang. 

"Raker ini menunjukkan, bahwa kami berkomitmen terus mendorong peningkatan kualitas SDM di kalangan jurnalis. Menciptakan inovasi dan kolaborasi yang dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan dunia pers,” pungkasnya. (yus)

Sumber: