Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2024, Pj Wali Kota Malang Ajak Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2024, Pj Wali Kota Malang Ajak Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

Prosesi penerimaan penghargaan.--

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Kinerja Pemkot Malang kembali mendapat apresiasi. Kali ini, Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) menghadiahi Pemkot Malang penghargaan kategori gold sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Sangat Memuaskan Tingkat Kota. 

IIPG merupakan Yayasan binaan Prof Dr H Boediono MEc, Wakil Presiden RI kesebelas (2009 - 2014) yang mendukung reformasi tata kelola (governansi) publik demi tercapainya kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi peran multi-sektor (swasta dan publik).

Bertajuk Anugerah Pandu Negeri 2024, acara penghargaan ini digelar di Hotel Aryaduta Jakarta, Kamis 05 September 2024. Bersama dengan 91 Pemerintah daerah, Pemkot Malang menerima penghargaan yang diserahkan langsung Ketua Umum IICD - IIPG, Rudiantara. Dalam kesempatan itu, hadir mewakili Pj Wali Kota Malang yakni Asisten Administrasi Umum Kota Malang, Sri Winarni,SH.

BACA JUGA:Kota Malang Raih Penghargaan di Ajang e-Purchasing Award Jatim 2024

Dihubungi terpisah, menanggapi torehan prestasi tersebut, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM menyambut bangga keberhasilan Pemkot Malang. Penghargaan ini merupakan wujud nyata hasil kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh jajaran.

"Dengan meraih predikat sangat memuaskan, maka telah menunjukkan bahwa kinerja dan tata kelola governansi di Pemkot Malang mendapatkan pengakuan publik bertaraf internasional; dan saya patut berbangga," ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan mengharapkan raihan prestasi ini harus diikuti dengan peningkatan kinerja yang lebih baik lagi. Terlebih, Menteri PAN RB juga menyampaikan agar pemerintah daerah mampu mewujudkan Reformasi Birokrasi yang berdampak. 

"Ada 4 poin yang diharapkan Pak Menteri dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi yang berdampak, yaitu menurunkan kemiskinan, peningkatan investasi, belanja produk dalam negeri  melalui e-katalog dan digitalisasi administrasi pemerintahan; artinya kesemuanya ini adalah bagian dari future governance yang menuntut kita untuk terus berinovasi" jelasnya.

BACA JUGA:Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC 2024

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Anas menilai pemda penerima penghargaan menunjukkan komitmen nyata pemerintah dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi yang berdampak langsung pada masyarakat.

Mantan Bupati Banyuwangi tersebut mengatakan dalam menerapkan tata kelola dan praktik governansi yang baik, diperlukan penguatan inovasi dan kolaborasi multi-sektor di instansi pemerintah. Hal ini sejalan dengan upaya percepatan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah saat melalui reformasi birokrasi tematik.

"Berdasarkan kajian yang dilakukan Delloite, kini saatnya berkolaborasi dalam membangun inovasi, bukan saling berkompetisi. Tidak ada satu aktor pun yang dapat mencapai tujuan tanpa mempengaruhi faktor lain," imbuhnya. (pkp/ari)

Sumber: