Cegah Risiko di Jalur Abrasi Pantai Kali Gede, Pemkab Lumajang Lakukan Ini

Cegah Risiko di Jalur Abrasi Pantai Kali Gede, Pemkab Lumajang Lakukan Ini

Kondisi Jalur Pantai Kali Gede Desa Gondoruso Tempursari--

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Jalan alternatif penghubung Kecamatan Pasirian-Tempursari, tepatnya di tepi Pantai Kali Gede, Desa Gondoruso mengalami kerusakan parah akibat abrasi pantai, Rabu 4 September 2024.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, dampak abrasi tersebut mengakibatkan tebing bahu jalan ambrol sehingga akses jalan sekitar 123 meter terputus.

BACA JUGA:Tanggul Brantas Abrasi, Lima Desa Terancam Terendam

BACA JUGA:BMKG : Gempa Malang Tak Seharusnya Sebabkan Kerusakan Parah

Putusnya jalan tersebut, juga mengakibatkan kendaraan roda empat tidak dapat melintas, sementara pengendara roda dua terpaksa melewati sisa bahu jalan yang tersisa. Kondisi ini cukup berbahaya karena pengendara berisiko tergelincir ke laut.

Kini sejumlah petugas dari Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Lumajang telah turun ke lapangan untuk mengukur kerusakan dan melakukan inventarisasi.

Sementara untuk mencegah risiko kecelakaan, para petugas juga telah memasang plang penutup di kedua ujung jalan yang rusak menggunakan tanda larangan melintas.

BACA JUGA:Pantai Mbah Drajid: Dari Gersang Menjadi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Pulang Pengajian Motor Selip Akibat Balok Kayu di Tengah Jalan, Warga Kedungjajang Luka Parah

Menurut pengakuan salah satu warga, akses jalan tersebut memang sering dilantasi oleh para warga di dalam melakukan berbagai aktifitas. Ini karena jalan tersebut lebih pendek rentang jaraknya untuk di lewati. 

"Hampir setiap hari saya melewati jalur alternatif ini karena lebih dekat," ujar salah satu warga. 

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Lumajang bisa segera mengambil tindakan perbaikan jalan yang menghubungkan dua kecamatan tersebut. (Ags)

Sumber: