Kagumi Produk Mamin Bu Rudy, Khofifah: UMKM Berkontribusi 59,18% bagi PDRB Jatim

Kagumi Produk Mamin Bu Rudy, Khofifah: UMKM Berkontribusi 59,18% bagi PDRB Jatim

Khofifah memborong sejumlah produk mamin olahan di pusat oleh-oleh Bu Rudy.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mampir ke gerai Pusat Oleh-Oleh Bu Rudy di bilangan Jalan Dharmahusada Kota Surabaya

Ditemani oleh beberapa orang, ia tampak  memborong banyak cemilan dan kuliner hasil produk UMKM Jawa Timur yang tersedia di sana. Beberapa kali ia dibuat kagum dengan aneka macam kreasi makanan maupun minuman yang dijual di sana.

"Ini adalah surganya produk-produk kreatif  mamin dari Jawa Timur. Saya baru pertama kali ke sini. Kalau anak saya sudah sering ke sini belanja aneka macam makanan dan cemilan yang beraneka ragam di sini," kata Khofifah.

BACA JUGA:Fantastis! Intip Harta Kekayaan Khofifah Indar Parawansa, Cagub Jatim 2024

Rak demi rak di pusat oleh-oleh tersebut dihampiri oleh Khofifah. Hampir semua produk di sana sudah menggunakan packaging atau kemasan yang sangat baik, berkualitas premium dan terjamin higienisnya. 

Tak hanya itu, Khofifah juga tampak mengecek kemasan produk-produk mamin di sana. Dan ia selalu mendapati produk-produk UMKM di sana sudah mengantongi sertifikasi halal dan juga telah lolos uji BPOM.

"Kita bisa lihat di sini bahwa produk UMKM Jawa Timur saat ini sudah banyak yang naik kelas. Produk yang dijual ke masyarakat sudah dalam packaging yang baik, desainnya menarik dan yang pasti higienitasnya terjamin," kata Khofifah.

BACA JUGA:Bersama Ribuan Relawan, Dokter Agung Optimistis Khofifah-Emil Menang Satu Putaran

Lebih lanjut, bacagub incumbent ini menegaskan bahwa UMKM Jawa Timur memiliki peran yang sangat signifikan terhadap PDRB. Bahkan secara persentase sudah hampir 60 persen. Atau lebih tepatnya 59,18 persen. 

"Artinya bahwa kekuatan UMKM di Jawa Timur sangat signifikan untuk bisa menjadi bagian dari pengungkit kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur," tegasnya.

Oleh sebab itu, sering di banyak kesempatan setiap berkunjung ke kabupaten kota di Jawa Timur, Khofifah selalu menyempatkan diri untuk menemukenali produk-produk unggulan dari UMKM di daerah tersebut. Dan hampir selalu memborong hasil produk pelaku UMKM di daerah tersebut. 

"Saya rasa produk-produk di sini sudah dengan packaging yang sangat bagus. Dan tentu saya berharap bahwa seluruh UMKM kita akan terus tumbuh berkembang, terus naik kelas, dan terus bisa menjadi pengungkit kesejahteraan masyarakat," tandas wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini. 

BACA JUGA:Lengkapi Syarat Maju Pilkada, Khofifah-Emil Jalani Tes Kesehatan di RSUD Dr Soetomo

Selama lima tahun memimpin Jatim sebagai Gubernur periode 2019-2024, Khofifah getol melakukan upaya agar UMKM Jawa Timur naik kelas. Melalui program millenial job center, membantu meningkatkan desain dan kualitas packaging, memfasilitasi perizinan dan sertifikasi halal secara gratis, dan juga aktif menggelar banyak misi dagang di berbagai provinsi di Indonesia. 

Sumber: