Diduga Human Error, Xenia Seruduk Honda Supra di Kranggan Timur, 2 Tewas

Diduga Human Error, Xenia Seruduk Honda Supra di Kranggan Timur, 2 Tewas

Kasat Lantas AKP Diyon FitriantoKondisi Daihatsu Xenia pasca laka-lantas.--

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Kecelakaan lalu lintas gegara kealpaan pengemudi kembali merenggut korban jiwa. Kali ini terjadi di jalan Nasional Desa Kranggan Timur, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan,  Daihatsu Xenia Nopol N 1894 SY menabrak  motor Honda Supra Nopol L 6783 DM.

Akibat laka lantas,  pengendara motor Honda Supra yang berbocengan, yakni M (66) dan R (65), pria dan wanita warga Desa Lantak Barat, Kecamatan Galis, meninggal di TKP, Minggu 25 Agustus 2024 sekitar pukul 23.30.

Kecelakaan diduga human error atau kealpaan pengemudi.  ”Mungkin sopir mobil Xenia ngantuk, atau bisa juga capek. Maklum saat kejadian sudah larut malam,” kata Kanit Laka Lantas Polres Ipda Jauhari, Senin 26 Agustus 2024.   

BACA JUGA:Cegah Kecelakaan, Satlantas Lumajang Latih Anggota Pramuka Atur Lalu Lintas

Kronologisnya, beberapa saat sebelum kejadian, mobil Daihatsu Xenia yang dikemudikan Djoni Wiranto (55), warga Desa Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan,  melaju kencang dari arah timur. Sesampainya di TKP, entah apa sebabnya, tiba-tiba nyeruduk motor Honda Supra yang dikendarai korban M dan R dari arah belakang.

Bahkan mobil Xenia kemudian melenceng ke kiri membentur pagar jembatan kemudin terbalik di tengah jalan. Saking kerasnya benturan, pengendara Honda Supra Y dan R meninggal di TKP. Sedangkan sopir Xenia, Djoni, mendetita luka-luka ringan.

“Begitu menerima informasi, saya dan beberapa anggota segera meluncur ke lokasi TKP,” tandas Ipda Jauhari. Sebagian anggota olah TK, lainnnya membawa 3 korban ke Puskesmas Galis, sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan untuk kepentingan otopsi 2 jenazah.

BACA JUGA:Kecelakaan Beruntun di Madiun, Pengendara Motor Terlempar Ditabrak Minibus

Dua kendaraan yang terlibat laka lantas rusak cukup parah. Kerugian ditaksir Rp 3.000.000. Di sisi lain, Kasat Lantas AKP Diyon Fatrianto, menyempatkan diri menjenuk ketiga korban di RSUD Syamrabu. Termasuk mendapingi dokter RSUD saat optopsi jenazah.

Seperti Kasat Lantas Sebelumnya, AKP Grandika Indera Waspada, mantan Kanit I Silaka Subditgakkum Polda Jawa Timur, AKP Diyon, yang baru dua hari menjabat Kasat Lantas Polres Bangkalan, juga wanti-wanti agar para pengemudi kendaraan di jalan raya, apapun jenisnya, agar ekstra hati-hati.

“Mari kita patuhi aturan tertib lalu-lintas. Jangan ugal-ugalan di jalan raya. Jika capek atau ngantuk, sebaiknya istirahat sejenak. Jangan memaksakan diri mengemudi kendaraan untuk menghindari terjadinya laka-lantas,” pesan AKP Diyon. (ras/day)

Sumber: