Pasar Lama Krian Diamuk si Jago Merah

Pasar Lama Krian Diamuk si Jago Merah

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Christian Tobing turun ke lokasi kebakaran Pasar Lama Krian dan petugas PMK masih bekerja hingga Selasa 20 Agustus 2024 siang.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Pasar Lama Krian di Sidoarjo Barat diamuk si jago merah. Api melalap pasar sejak Selasa, 20 Agustus 2024 dini hari. Hingga Selasa siang, petugas PMK terlihat masih bekerja di sana.

Tak kurang 20 unit mobil PMK dikerahkan untuk menjinakkan api. Ratusan kios (bedak/stan) pasar itu diperkirakan hangus jadi arang.

Kapolsek Krian Kompol Daky mengatakan, pihaknya begitu mendapat laporan kebakaran ini langsung ke TKP. Polisi juga langsung menghubungi PMK.

BACA JUGA:Toko Bangunan dan Elektronik Pasar Krian Terbakar, 2 Karyawan Luka-luka

Sekitar pukul 04.15 PMK Pasar Krian sudah ada di TKP. Disusul bantuan mobil PMK lainnya yang total jumlahnya mencapai 20 unit mobil PMK. Petugas PMK bekerja keras untuk memadamkan api hingga siang.

Awalnya, kata warga, hanya bedak bawah sebelah selatan yang terbakar. Api kemudian menyebar ke bedak lain. Termasuk lantai atas. Api bahkan menyebar ke bagian barat.

Setelah sekitar 20 unit PMK dikerahkan untuk memadamkan api, akhirnya si jago merah bisa dijinakkan. Polisi yang berada di TKP juga terus melakukan pengamanan hingga Selasa siang. "Alhamdulillah saat ini kobaran api sudah mulai padam. Barang dagangan bedak yang tidak terbakar dievakuasi," jelas Kapolsek Krian.

BACA JUGA:Gubernur Khofifah Tinjau Pasar Krian Lama Jelang Akhir Tahun 2023

Selain Polisi, sejumlah organisasi masyarakat dan karang taruna juga membantu pengamanan agar barang dagangan pedagang tidak dijarah oknum yang tidak bertanggungjawab. "Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," urai kapolsek.

Polisi juga disebar di sekitar TKP untuk mengatur lalin agar tidak macet buntut kebakaran Pasar Lama Krian.

Tentang jumlah stan atau bedak yang terbakar, polisi belum bisa memastikan. Masih akan dihitung kepala pasar dan staf. Begitu juga saksi yang mengetahui awal mula kebakaran, masih akan diperiksa polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:Kapolresta Sidoarjo Blusukan ke Pasar Krian Lama

Salah satu petugas PMK mengatakan, pihaknya turun ke lokasi setelah mendapat informasi kebakaran Pasar Lama Krian. "Sampai sekarang belum padam, masih dalam proses pembasahan. Bagian bawah masih terbakar. Bagian atas sudah padam. "Kami mengimbau masyarakat yang tidak pakai helm atau tidak pakai masker jangan masuk pasar. Terlalu berbahaya. Asapnya terlalu tebal. Belum lagi kalau barang di atas jatuh, berbahaya bagi warga," pintanya.

Kebakaran ini ditangani aparat Polresta Sidoarjo dan Polsek Krian. Selasa pagi tampak Kapolresta Sidoarjo Kombespol Christian Tobing berada di TKP. Sejumlah saksi bakal diperiksa polisi terkait kejadian ini. Sebab kebakaran sampai berita ini dibuat masih dalam penyelidikan pihak berwajib.(sud/jok)

Sumber: