Peringatan Hari Pengayoman, Menjunjung Tinggi Keadilan dan Pengabdian

Peringatan Hari Pengayoman, Menjunjung Tinggi Keadilan dan Pengabdian

Hari ini, Senin 19 Agustus 2024, diperingati sebagai Hari Pengayoman--

SURABAYA, MEMORANDUM - Hari ini, Senin 19 Agustus 2024, diperingati sebagai Hari Pengayoman, sebuah momen penting yang dikhususkan untuk menghormati dedikasi dan pengabdian seluruh jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di seluruh Indonesia. 

Upacara peringatan berlangsung khidmat di lapangan upacara Kemenkumham di Jakarta, sementara itu Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di berbagai daerah melaksanakan upacara secara mandiri.

Tidak hanya itu, Hari Pengayoman tahun ini juga diperingati oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dengan melaksanakan upacara di Lapangan Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember Surabaya, yang dipimpin langsung oleh Heni Yuwono, Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, selaku Inspektur Upacara, dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama, para Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dan beberapa instansi sebagai tamu undangan.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim, disampaikan bahwa tema yang diusung tahun ini yaitu: 

BACA JUGA:Bahas Isu Aktual, Kakanwil Kemenkumham Jatim Terima Audiensi Kabinda Anyar

"Kemenkumham Mengabdi Untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045", mengingatkan kepada kita semua bahwa pengabdian adalah esensi dari setiap pekerjaan yang kita lakukan dan komitmen akan setiap tindakan. Pengabdian tersebut diimplementasikan melalui penguatan hukum dan perlindungan hak asasi manusia yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan integritas. 

Hari Pengayoman menjadi momentum untuk mengenang jasa-jasa para pendahulu yang telah meletakkan dasar-dasar pengayoman yang kuat, sekaligus mendorong semangat para pegawai untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan hukum yang lebih baik dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Upacara hari ini merupakan puncak peringatan Hari Pengayoman setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti Ziarah Tabur Bunga, Seminar, Bakti Sosial, Kumham Peduli, Pemeriksaan Kesehatan, Donor Darah dan Layanan Publik Keimigrasian yang turut mewarnai peringatan Hari Pengayoman tahun ini. Semua ini merupakan wujud nyata dari komitmen Kemenkumham untuk selalu hadir sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, serta memastikan bahwa keadilan dapat dirasakan oleh semua. Kita berharap, momentum ini dapat terus memperkuat semangat pengabdian dalam mewujudkan Indonesia yang lebih adil dan bermartabat.(mik)

Sumber: