Kapolres Pasuruan Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP

Kapolres Pasuruan Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Bangil--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Ketika prosesi apel kehormatan renungan suci dimulai, lampu-lampu dipadamkan. Suasana menjadi syahdu ditengah keheningan malam. Selanjutnya obor dinyalakan langsung oleh Dandim 0819 Pasuruan, sehingga menambah khidmat suasana malam renungan suci, Jumat 16 Agustus 2024 malam.

Tak hanya itu saja, lilin di setiap makam pahlawan Bangil juga dinyalakan oleh para siswa Pramuka. Mereka ikut serta dalam acara apel kehormatan renungan suci.  Sehingga semakin menambah suasana sakral dibalut keheningan malam.

Ya, malam menjelang HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS),

Kegiatan tersebut digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bangil. Dipimpin oleh Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak selaku Pimpinan Apel Kehormatan Renungan Suci. Undangan Forkopimda yang hadir, diantaranya Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, Ketua DPRD, Kajari serta para pejabat lainnya.

Setelah obor dan lilin dinyalakan, pimpinan Apel Kehormatan kemudian membacakan naskah AKRS dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta secara serentak oleh seluruh peserta Apel Kehormatan Renungan Suci.

BACA JUGA:Pimpin Apel Renungan Suci, Pj Gubernur Jatim Pesankan Isi Kemerdekaan dengan Hal Positif

BACA JUGA:Peringati Hari Bhakti Pengayoman Ke-79 dengan Upacara Tabur Bunga di TMP 10 November Surabaya

AKBP Teddy mengatakan bahwa kegiatan tahunan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) ini adalah sebagai bentuk penghormatan dari generasi penerus pengisi kemerdekaan kepada para pahlawan pejuang bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mewujudkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

"Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini kita lakukan setiap tahunnya saat malam menjelang HUT RI dalam rangka menghormati jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur mendahului kita penerus bangsa tercinta ini," ucapnya.

Kapolres menegaskan, bahwa para pahlawan yang ikut berjuang demi bangsa ini telah melakukan hal yang sangat berharga untuk bangsa dan negara  Indonesia, sehingga sudah seharusnya para penerus bangsa ini untuk menghormati dan meneruskan perjuangannya dengan berkontribusi positif pada kemajuan bangsa melalui prestasi.

"Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke-79 Nusantara Baru Indonesia Maju, dengan suasana baru mari kita majukan Negara Tercinta ini melalui prestasi yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia," tegasnya. (Hari Mujianto/Muhammad Hidayat)

Sumber: