Pemimpin Berkarakter Pancasila Bisa Dilahirkan Pramuka Lamongan

Pemimpin Berkarakter Pancasila Bisa Dilahirkan Pramuka Lamongan

Upacara ulang janji Pramuka ke- 63, di Pendopo Lokatantra Lamongan-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Organisasi Praja Muda Karana atau Pramuka Kwartir Cabang LAMONGAN berkomitmen untuk mencetak sumber daya manusia yang berdaya saing. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan generasi bangsa di Indonesia emas 2045 dan melahirkan pemimpin yang unggul di masa depan.

Pramuka sendiri merupakan roda organisasi yang berfokus pada pembinaan generasi muda. Yangmana selaras dengan visi dan misi Kabupaten Lamongan yakni fokus dalam pengembangan sumber daya manusia.

"Pramuka merupakan roda organisasi yang eksis dalam pembinaan generasi muda di Kabupaten Lamongan. Upaya tersebut dilakukan agar dapat melahirkan pemimpin berkualitas dan berkarakter Pancasila di masa depan," tutur Wakil Pembina Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wamabicab) Kwartir Cabang Lamongan Abdul Rouf saat melakukan upacara ulang janji Pramuka ke 63, di Pendopo Lokatantra. Selasa malam 13 Agustus 2024.

Kak Rouf yang juga Wakil Bupati Lamongan ini me jelaskan, bahwa dalam rangka menghadapi ancaman globalisasi. Pramuka dinyatakan tepat dijadikan wadah pembinaan karakter, mental, karakter dan jiwa nasionalisme dan Pancasila untuk generasi bangsa. 

BACA JUGA: Kata-Kata Selamat Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 Terbaru, Bangkitkan Semangat!

Komitmen pembangunan non fisik ini terbukti menunjukkan hasil nyata. Dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan manusia Kabupaten Lamongan tahun 2023 mencapai angka 74,53 yang melampaui rata-rata provinsi dan nasional. Angka tersebut terus mengalami kenaikan dari tahun 2021.

Sesuai tema yang diusung tahun ini yakni "Pramuka berjiwa Pancasila menjaga NKRI “, Pramuka Lamongan telah melakukan aksi pembekalan insan pramuka selama satu tahun. Diantaranya ialah kursus pembina mahir tingkat dasar kepada 56 orang, kursus pembina mahir tingkat lanjutan yang dilaksanakan dengan tiga tahap bersama 47 orang.

Selanjutnya ada launching Pramuka siaga, setelah ditetapkan kelompok pra siaga bagi peserta didik berusia 4 sampai 6 tahun. Yakni di ranting Glagah, Sekaran, Maduran, Turi, Laren, Solokuro, Brondong, Lamongan, Tikung, Deket, Sarirejo, dan Kembangbahu.

Adapun kegiatan orientasi pembina prasiaga kepada 99 pembina, yang memiliki tujuan menyiapkan para pembina menjadi pembina prasiaga yang handal.

BACA JUGA:Sambut Hari Pramuka, Ratusan Siswa SDN Wonokusumo VI Surabaya Rayakan dengan Lomba Kreatif

"Dalam satu tahun ini Pramuka cabang Lamongan sudah melakukan ragam aksi keoada seluruh insan Pramuka. Adapun raimuna cabang Lamongan tahun 2024 akan dilaksanakan pada  tanggal 23 sampai 25 Agustus di bumi perkemahan Bluluk. Dengan peserta 208 (putera dan puteri) di 70 tenda," terang Ketua Kwartir Cabang Lamongan Moh. Nalikan.

Sumber: