10 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman untuk Cegah Diabetes

10 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman untuk Cegah Diabetes

gejala gula darah tinggi--

MEMORANDUM - Cara menurunkan gula darah merupakan hal yang penting, terutama pada individu yang berisiko terkena penyakit kencing manis. Tujuannya agar kadar glukosa darah dapat terkontrol, sehingga kamu bisa mencegah risiko penyakit gula sejak dini. 

Berikut merupakan cara Menurunkan Gula Darah dengan Aman dan Alami :

1. Berolahraga secara rutin

Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot tubuh menggunakan gula darah untuk bergerak. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar gula glukosa. Karena itu, cobalah untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

2. Kelola asupan karbohidrat 

Karbohidrat merupakan sumber utama dari glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

BACA JUGA:Daun Kelor: Si Hijau Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bantu Menurunkan Gula Darah

3. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat

Cara menurunkan gula darah bisa dengan meningkatkan asupan serat.

Ada dua jenis serat, yaitu larut dan tidak larut. Keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan bagi mereka dengan gula darah tinggi atau pengidap penyakit gula.

4. Perbanyak minum air putih

Minum air yang cukup dapat membantu kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine sekaligus mencegah dehidrasi.

5. Kelola stres dengan baik

Sumber: