Peringatan HAN di Lamongan, Momentum Lindungi Hak Anak

Peringatan HAN di Lamongan, Momentum Lindungi Hak Anak

Gebyar puncak peringatan Hari Anak Nasional, di Aula Gadjah Mada, Lantai 7 gedung Pemkab Lamongan-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke- 40 di Kabupaten LAMONGAN dijadikan momentum lindungi hak Anak.

Hadir dalam puncak peringatan gebyar Hari Anak Nasional, di Aula Gadjah Mada Pemkab Lt.7, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendampingi pihak terkait untuk melakukan penandatanganan MoU perlindungan hak anak. Kamis 8 Agustus 2024.

Yang dilakukan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan terkait pencegahan perkawinan anak, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lamongan terkait TPMB ramah anak, Fatayat NU Lamongan dan Babat terkait CEPAK dan pencegahan kekerasan terhadap anak.

Menurut orang nomor satu di Kota Soto, hal tersebut selaras dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menjamin pendidikan, kesehatan anak mulai dari janin hingga lansia. Komitmen Tersebut diwujudkan melalui program prioritas pendidikan terintegrasi dan gratis (Perintis) dan Lamongan Sehat.

BACA JUGA:Gebyar PAUD di Hari Anak, Bupati Lamongan : Investasi Berharga Bidang Pendidikan

"Dalam menyiapkan generasi emas yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen penuh menghadirkan pendidikan hingga kesehatan bagi anak. Bahkan calon pengantin kita siapkan semua kesehatan fisik dan non fisiknya agar siap menjadi orang tua yang baik," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Salah satu pencapaian Kabupaten Lamongan ialah berhasil menurunkan angka stunting. Pada tahun 2022 menempati angka 27,5 dan berhasil turun menjadi 9,4 di tahun 2023.

Kegiatan yang mengambil tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran Pelopor dan Pelapor (2P) dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak.

Serta memberikan edukasi kepada anak dan orang tua, mengenai upaya pencegahan kekerasan, eksploitasi terhadap anak, pencegahan perkawinan anak dan pekerja anak. Dan bentuk penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak sebagai generasi penerus bangsa.

Sumber: