Jangan Lakukan Ini ketika Mendaki Gunung, Nomor 6 yang Paling Dilarang

Jangan Lakukan Ini ketika Mendaki Gunung, Nomor 6 yang Paling Dilarang

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang memadukan keindahan alam, tantangan fisik, dan ketenangan jiwa. -Ilustrasi Pixabay.-

MEMORANDUM - Mendaki gunung merupakan aktivitas yang memadukan keindahan alam, tantangan fisik, dan ketenangan jiwa.

Namun, di balik pesonanya, gunung juga menyimpan cerita dan tradisi yang harus dihormati. Salah satunya adalah pamali, yaitu larangan-larangan adat yang dipercaya dapat mendatangkan bahaya bagi pendaki.

Berikut beberapa pamali yang umumnya diyakini oleh para pendaki:

1. Berkata Kasar dan Berpikiran Negatif

Gunung dianggap sebagai tempat suci dan penuh energi spiritual. Kata-kata kasar dan pikiran negatif dipercaya dapat mengundang hal-hal buruk, seperti tersesat, kecelakaan, atau bertemu makhluk halus.

2. Membuang Sampah Sembarangan

 

Menjaga kelestarian alam gunung adalah kewajiban setiap pendaki. Membuang sampah sembarangan tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga dianggap sebagai bentuk tidak menghormati gunung.

3. Mengambil Benda-Benda dari Gunung

Batu, tanaman, atau benda-benda lain yang ada di gunung diyakini memiliki makna spiritual dan keseimbangan alam. Mengambilnya tanpa izin dipercaya dapat membawa sial bagi pendaki dan mengganggu kelestarian gunung.

BACA JUGA:9 Hal yang Pamali Dilakukan Saat di Pemakaman, Apa Saja?

4. Bersikap Sombong dan Meremehkan Gunung

 

Kesombongan dan sikap meremehkan gunung dapat membahayakan pendaki. Gunung memiliki medan yang menantang dan kondisi cuaca yang ekstrem. Penting untuk selalu waspada dan menghormati kekuatan alam.

Sumber: