Pj Wali Kota Batu Kukuhkan Perpanjangan Jabatan Kades dan BPD

Pj Wali Kota Batu Kukuhkan Perpanjangan Jabatan Kades dan BPD

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat melakukan pengukuhan perpanjanagn jabatan Kades dan BPD.--

BATU, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengukuhkan 19 Kepala Desa dan meresmikan 137 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kota Batu, di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis 4 Juni 2024.

Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan peresmian perpanjangan masa keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Masa jabatan kepala desa dan BPD yang awalnya 6 tahun sebanyak 3 periode, diubah menjadi 8 tahun dan hanya boleh menjabat selama dua periode,” kata Aries.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu: BPD Bukan Kompetitor Kepala Desa

Pj Aries mengharapkan Kepala Desa dan anggota BPD mempertajam program kegiatan di desa melalui inovasi-inovasi dan kreatifitas untuk membangun desa dan memberikan pelayanan dalam mensejahterakan masyarakat. 

“Karena salah satu pertimbangan masa jabatan Kepala Desa dan BPD diperpanjang adalah agar ada kesinambungan pembangunan di desa. Oleh karena itu, pertajam program kegiatan sehingga lebih optimal dalam pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya perubahan UU, kewenangan yang diberikan akan semakin besar, sehingga diharapkan Kepala Desa dan BPD bekerja bersama-sama berinovasi demi kemajuan desa masing-masing.

Diharapkan, Kepala Desa dan BPD bersama Pemerintah mensukseskan program strategis daerah, antara lain menurunkan angka kemiskinan, angka pengangguran, dan stunting.

"Tidak ada satupun pemerintah yang ingin melihat masyarakatnya miskin,” tuturnya.

BACA JUGA:Mutasi Jabatan, Pj Wali Kota Batu Sampaikan Ini

BACA JUGA:Jabatan Diperpanjang, Pj Wali Kota Batu Komitmen Kawal Program Strategis

Dengan bersinergi antara pemerintah desa dan Pemkot Batu maka pengabdian ke masyarakat akan lebih maksimal dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan tidak ada lagi kemiskinan.

Pj Aries menyampaikan Kepala Desa dan BPD turut serta mensukseskan Pilkada Kota Batu agar berjalan aman, damai dan tertib.

“Siapapun yang terpilih adalah pilihan masyarakat. Oleh karena itu, Kepala Desa bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh jajaran, agar terus menjaga kondusifitas wilayah. Karena Pilkada ini sangat berat, dan tentunya bisa berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan komunikasi dan sinergitas yang baik seluruh elemen masyarakat,” urainya. (nik)

Sumber: