Loemadjang Mbiyen #4 Segera Digelar, Catat Tanggalnya

Loemadjang Mbiyen #4 Segera Digelar, Catat Tanggalnya

Jadwal Loemadjang Mbiyen Yang Digelar di Wilayah Kecamatan Candipuro-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Even Loemadjang Mbiyen #4 dijadwalkan akan kembali digelar di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro pada Minggu, 7 Juli 2024 mendatang. Even yang telah berhasil menyedot puluhan ribu pengunjung tersebut di tahun-tahun sebelumnya akan digelar bersamaan dengan Grebeg Suro di Wisata Alam Hutan Bambu, menambah keunikan dan daya tarik acara tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mempromosikan potensi pariwisata lokal.

"Ada 41 stand yang akan menampilkan potensi desa wisata dan UMKM dari seluruh kecamatan di Kabupaten Lumajang, serta berbagai pelaku usaha lainnya," kata dia saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Rabu 3 Juli 2024.

Loemadjang Mbiyen juga akan menjadi bagian dari rangkaian Candipuro Culture Festival 2024 yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 14 Juli 2024. Festival ini menampilkan beragam kegiatan budaya dan tradisional yang khas dari Kecamatan Candipuro, di antaranya:

BACA JUGA:Meriah, Event Tahunan Loemadjang Mbiyen Bersamaan dengan Tradisi Manten Tebu

Pawai Seribu Obor - 6 Juli 2024, di semua Desa Kecamatan Candipuro.

Grebeg Suro Desa Sumbermujur - 7 Juli 2024.

Ritual Ruwat Air Desa Penanggal - 7 Juli 2024.

Ritual Sampyong (Ujung) Desa Tambahrejo - 10 Juli 2024.

Arak-arakan Gunungan Hasil Bumi Desa Jarit - 13 Juli 2024.

Arak-arakan Tumpeng Desa Tumpeng - 13 Juli 2024.

Festival Rujak Otek Desa Sumberwuluh - di Wisata Kali Pinusan, 14 Juli 2024.

Yuli berharap bahwa even tahunan tersebut akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lumajang.

"Even ini telah kami masukkan dalam kalender even Nusantara, sehingga diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan serta keunikannya," pungkasnya.(Ags)

Sumber: