Nyaru Pemulung, 2 Pria di Jember Gasak Rumah Kosong

Nyaru Pemulung, 2 Pria di Jember Gasak Rumah Kosong

Reskrim Polsek Patrang periksa 2 pelaku kuras rumah kosong -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Dua pria di JEMBER, Jawa Timur yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung nekat menguras habis isi rumah kosong. Aksi mereka terungkap setelah salah satu pelaku diamankan warga yang memergokinya masuk ke rumah tanpa izin.

Pelaku pertama yang diamankan warga adalah Slamet (39), warga Lingkungan Jambuan, Kelurahan Antirogo. Dari hasil pemeriksaan, Slamet mengaku tidak melakukan aksinya sendirian, melainkan bersama Anis Manto (22), warga Dusun Gempal, Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Patrang, Ipda Didit Apdiana Abdilah, kedua pelaku ini sudah berulang kali menguras rumah kosong di Jember. Dari pengakuan Slamet, mereka sudah melakukan aksinya sebanyak 20 kali.

"Mereka mengincar rumah kosong dan mengambil semua barang yang laku dijual," jelas Ipda Didit.

BACA JUGA:Penemuan Mayat Laki-Laki di Patrang Jember Gegerkan Warga

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit LCD monitor, helm warna putih, dan kran kamar mandi dalam keadaan rusak.

Sementara itu, korban melaporkan berbagai barang yang hilang dari rumahnya, antara lain pompa air, meter PDAM, 2 unit PC monitor, stop kontak, handel pintu, lampu-lampu, handycam, kamera Canon, handphone, dinamo, dan mesin jahit CNC.

"Kerugian korban ditaksir mencapai tidak kurang dari Rp 36 juta," kata Ipda Didit.

Kedua pelaku kini dijerat dengan Pasal 363 KUHP pasal 4c dan 5e dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Kasus ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap keamanan rumah mereka. (edy)

Sumber: