Taman Rekreasi Selecta, Tempat Wisata Bebas Sampah Pertama di Indonesia

Taman Rekreasi Selecta, Tempat Wisata Bebas Sampah Pertama di Indonesia

Prosesi launching Wisata Selecta Bebas Sampah. -Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - Sukses mengelola sampah secara mandiri, PT Selecta me-launching Wisata Selecta Bebas Sampah (zero waste) pertama di Indonesia dan Edukasi Pengelolaan Sampah, di aula Hotel Selecta Kota Batu, Selasa 2 Juli 2024.

Ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Hariyanto didampingi Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Evy Afianasari.

BACA JUGA:Berawal dari Hobi Koleksi Uang Kuno, Otie Membuka Toko Khusus Numismatik

Direktur Utama PT Selecta Sujud Hariadi menyampaikan kegiatan ini merupakan proses dan upaya PT Selecta dalam mengoptimalkan penanganan sampah secara mandiri sebagai destinasi wisata di Kota Batu.

“Kami selama tiga bulan terakhir bekerja sama dengan Indonesia Menuju Hijau (IMH), mengolah dan mengelola sampah secara mandiri dengan metode reduce, reuse dan recycle dengan sebenar-benarnya menggunakan perlengkapan yang sederhana, sehingga pada saat ini Selecta benar-benar bebas sampah,” terang Sujud Hariadi.

BACA JUGA:Boy George Rahman Ketua Numismatik Surabaya Bisa Berselimut Uang dalam Arti Sebenarnya, Seperti Apa?

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Evy Afianasari mengapresiasi capaian PT Selecta ini.

“Jadi wisata Selecta berkomitmen kuat dalam mengembangkan potensinya sebagai destinasi wisata yang terkenal dan bersejarah di Kota Batu,” ujarnya.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Polres Batu Perkuat Sinergitas

Upaya PT Selecta ini diharapkan dapat dilakukan oleh tempat wisata lain. “Branding wisata Selecta sebagai wisata pertama di Indonesia yang bebas sampah merupakan salah satu inisiasi dan inovasi yang sangat bagus sebagai motivasi untuk pelaku wisata di daerah lain, khususnya di wilayah Jawa Timur,” harap Evy.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI Harianto mengatakan pencapaian PT Selecta ini cukup baik.

BACA JUGA:Alun-Alun Bangil Bakal Dilengkapi Amphitheater dan Sentra Kuliner

“Apresiasi layak diberikan kepada para pelaku pariwisata seperti PT Selecta, yang memberikan perhatian lebih terkait isu sampah beserta pengelolaannya, karena selama ini masih banyak PR terkait penanganan sampah di tempat-tempat wisata. Ini merupakan tantangan bagi kita dalam hal pengelolaan sampah,” katanya.

BACA JUGA:Amankan Suroan dan Suran Agung, Polda Jatim Siagakan 3.000 Personel Gabungan

Dikatakan, PT Selecta dapat menjadi contoh sukses pengelolaan sampah sehingga menjadi tempat wisata bebas sampah yang dapat menginspirasi dan memotivasi destinasi wisata dan pelaku pariwisata daerah lain.

“Selecta bisa menjadi tolok ukur terbaik dalam hal pengelolaan sampah untuk pihak-pihak lain,” terangnya. (*)

Sumber: