Dua Jemaah Haji Asal Jember Meninggal di Madinah

Dua Jemaah Haji Asal Jember Meninggal di Madinah

Kasi Haji dan Umroh Nur Sholeh Kementerian Agama Kabupaten Jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Kepulangan Jemaah Haji ke Tanah Air dijadwalkan untuk keloter pertama (36) di Kabupaten JEMBER akan tiba pada hari Selasa, 2 Juli 2024 besok. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh media ini sedikitnya ada dua jamaah haji yang dikabarkan meninggal dunia di tanah suci. Keduanya yakni Gus Ahmad Shibghatullah meninggal di madinah dan Sholahudin dari Kecamatan Sukorambi saat menjalankan ibadahnya.

“Ada yang meninggal jamaah kita Gus Ahmad dari kloter (41) dan yang ke dua bapak Sholahudin jamaah lansia,” ujar Kasi Haji dan Umroh Nur Sholeh Kementerian Agama Kabupaten Jember, Senin 1 Juli 2024.

Sementara dua jamaah haji lainya dipulangkan (tanazul) terlebih dahulu karena kondisi sakit. Keduanya adalah Poniman Yusuf, warga kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dari kloter 42 dan Umar Topo warga Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember dari kloter 41. “Namun yang bersangkutan layak terbang," jelas Nut Sholeh.

BACA JUGA:Kemenag Jember Gandeng Dinas Koperasi Kampanyekan Sihalal di Pasar Tanjung

Diketahui, tanazul adalah proses pemulangan jemaah sakit atau jemaah berkepentingan khusus ke Tanah Air, setelah mendapat persetujuan Ketua Daerah Kerja Madinah dan ketersediaan tempat duduk pada pesawat yang telah ditentukan. 

Menurut Nur Sholeh, kedua jamaah tanazul tersebut sudah tiba di Tanah Air setelah ditanazulkan ke kloter lebih awal.

Ia mengimbau kepada keluarga jamaah haji yang hendak melakukan penjemputan pada esok hari tidak disarankan untuk menggunakan penjemputan secara berlebihan (euforia) atau melakukan konvoy iring-iringan dengan menggunakan soud, hal itu agar tidak mengganggu lalulintas bagi pengendara jalan lainya.

“Tentunya ini imbauan dari semuanya untuk menjaga stabilitas lalulintas bagi keluarga jamaah haji yang akan menjepit kedatanganya jangan dijemput terlalu berlebihan dengan cara-cara yang dapat mengganggu lalulintas,” pungkasnya.(eko)

Sumber: