Aksi Peduli Lingkungan, Polres Situbondo Tanam 3.000 Mangrove

Aksi Peduli Lingkungan, Polres Situbondo Tanam 3.000 Mangrove

Kegiatan bakti sosial tersebut dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 digelar Polres Situbondo dengan menanan mangrove di Pantai Desa Gelung.--

SITUBONDO, MEMORANDUM - Polres Situbondo, Polda Jatim menanam 3.000 pohon mangrove di Pantai Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Kegiatan bakti sosial tersebut dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, sebagai bagian dari upaya melestarikan ekosistem pantai di Kabupaten Situbondo.

Penanaman pohon mangrove dipimpin  Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH bersama perwakilan Bupati Situbondo, Dandim 0823 Situbondo, Pejabat Utama Polres Situbondo, Forkopimca Panarukan serta masyarakat pemerhati mangrove Desa Gelung dan Desa Duwet Kecamatan Panarukan.

BACA JUGA:Polres Situbondo Bangun Sumur, Suplai Air Bersih untuk 500 Kepala Keluarga di Desa Tanjung Pecinan

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menyampaikan, kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon mangrove ini diadakan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli nanti 2024.

Dengan adanya penanaman mangrove ini bertujuan untuk pelestarian hutan bakau atau mangrove di wilayah pantai Situbondo, mengingat tanaman mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi dan juga menjadi tempat berkembang biak ikan maupun kepiting bakau yang ada di pesisir.

"Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan komponen masyarakat dan stakeholder terkait guna mencegah adanya pengikisan pantai," ujarnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Situbondo Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambahkan agar tanaman mangrove tersebut tetap hidup pihaknya berupaya untuk menjaga agar tumbuh subur dan tidak diterjang gelombang.

“Maka kita akan bekerjasama dengan masyarakat desa setempat untuk menjaga tanaman mangrove ini tetap hidup,” tutupnya. (hms/day)

Sumber: