Komunitas Gresik Book Party Gelorakan Baca Buku di Tempat Umum

Komunitas Gresik Book Party Gelorakan Baca Buku di Tempat Umum

Komunitas Gresik Book Party Gerakan Baca Buku di bus Transjatim-Faisal Dhani-

GRESIK, MEMORANDUM - Sejumlah generasi muda atau gen Z di Gresik melakukan gerakan atau kegiatan yang tidak biasa seperti pada umumnya. Mereka bersama-sama mengikuti kegiatan baca buku yang unik dan tidak biasa.

Para generasi muda atau gen Z ini tergabung dalam komunitas Gresik Book Party. Mereka berkumpul di Halte Terminal Bunder sebelum melakukan perjalanan menggunakan Bus Trans Jatim koridor III (Mojokerto - Gresik).

Penanggung Jawab kegiatan Gresik Book Party, Meilisa Dwi Ervinda (22) mengatakan, kegiatan ini sekaligus mempromosikan gerakan baca buku. Dia menyebut, motif dari kegiatan baca buku untuk mengajak masyarakat umum bahwa, baca buku bisa di mana saja.

"Tujuannya menyampaikan kepada masyarakat membaca buku bisa dimana saja. Kami ingin memperkenalkan, kalau baca buku bisa dimana saja, termasuk di transportasi umum," jelas dia.

BACA JUGA:Komunitas Earth and Human Gresik Peringati Hari Bumi dengan Bagikan Barang Ramah Lingkungan

Ia dan beberapa generasi muda atau gen Z lainnya mengawali kegiatan dengan silent rider atau membaca dengan diam. Baca buku ini dilakukan selama melakukan perjalanan dengan Bus Trans Jatim Koridor III, dari Halte Terminal Bunder hingga Halte Pasar Balongpanggang.

Putri Wulandari (21) dari Desa Mojotengah, Kecamatan Menganti, merasa senang dengan gerakan membaca ini. Bagi Wulan, ini adalah pengalaman pertama membaca buku di dalam bus bersama orang lain.

"Tidak semua orang bisa memfokuskan dirinya untuk baca buku di transportasi umum," ujar Wulan.

Hal ini jadi tantangan menarik baginya. "Rasanya ikut tertantang juga, dalam hati bilang apakah saya bisa menyelesaikan beberapa halaman buku di tempat umum," tambah dia.

BACA JUGA:GKB Disemprot Densinfektan Komunitas Keluarga kita bersatu 

Setelah tiba di Balongpanggang, para peserta melanjutkan dengan sharing session di Taman Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang. Mereka berbagi kesan dan cerita tentang buku yang baru saja mereka habiskan selama perjalanan.

Kegiatan ini bertujuan, memperkenalkan bahwa membaca buku bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam transportasi umum.bDiakui Wulan, ia menceritakan pengalaman positifnya selama mengikuti kegiatan baca buku di transportasi umum, Bus Trans Jatim.

"Ini mengasyikkan sekali. Seru, habis baca buku di bus, kita sharing di taman. Semoga akan ada agenda seperti ini lagi ke depannya," tandasnya.(fdn)

Sumber: