Juni Dikenang sebagai Bulan Bung Karno, Ketua DPRD Surabaya: Semangat Perjuangan Harus Dirawat

Juni Dikenang sebagai Bulan Bung Karno, Ketua DPRD Surabaya: Semangat Perjuangan Harus Dirawat

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono.-Sujatmiko-

BACA JUGA:Polres Jember Dekatkan Pelayanan Masyarakat Pedesaan Sambut HUT Ke-78 Bhayangkara

Adi juga menyebut bahwa Bung Karno pernah mengatakan Surabaya sebagai dapur nasionalisme Indonesia. Kota ini menjadi tempat pembentukan gagasan Indonesia di masa pemerintahan kolonial Belanda. Surabaya tercatat dalam ingatan publik sebagai kota yang memainkan peran penting dalam pembentukan kesadaran sebagai bangsa merdeka, bebas dari belenggu penjajahan.

BACA JUGA:Perpaduan Pemain Muda dan Tua, Mampukah Nagelsmann Bawa Jerman Juara di Euro 2024?

"Ada sejumlah peristiwa besar di Surabaya, salah satunya pertempuran 10 November 1945 di awal kemerdekaan Indonesia, yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Pahlawan," tuturnya. "Peristiwa heroik itu didahului dengan perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit dan dicetuskannya Resolusi Jihad oleh para ulama, yang membakar perlawanan hebat dari rakyat terhadap tentara sekutu," lanjutnya.

BACA JUGA:HUT Ke- 78 Bhayangkara, Kapolres Lamongan Tinjau Bantuan Sumur Bor dan Bedah Rumah

Cak Awi berharap semangat dari seorang Bung Karno terus hidup, sekalipun zaman terus berganti. "Surabaya menyimpan banyak kisah perjuangan, kepahlawanan, dan narasi kebangsaan. Ini menjadi modal penting untuk membangun kesadaran nasionalisme," pungkasnya. (*)

Sumber: