Warga Bubulan Jadi Juara Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jatim

Warga Bubulan Jadi Juara Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jatim

Kondisi Kandang Yang di Tinjau Oleh Camat Bubulan (ist)--

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Upaya menggerakan dan pemanfaatan lahan hutan yang dilakukan oleh Sulistiyo Nurul Cahyanto warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Bubulan membuat ia menjuarai Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Timur. 

Camat Bubulan Dyah Enggarini Mukti jika dia (Sulistiyo Nurul Cahyanto) mengelola hutan sebagai bank pakan dengan penanaman rumput dan pakan ternak tanpa menganggu tegakan.

"Saya hanya pengen memberikan inspirasi bahwa pemuda hebat tidak harus lahir dari kecamatan besar.dari kecamatan kecil yang dianggap terpencil Bubulan dan Margomulyo jika kita temukan dan asah juga akan jadi hebat dan berdampak besar," ujar Bu Enggar.

BACA JUGA:Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat ala Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang

Nah, lanjut Enggar ini kesempatan dirinya sudah dapat dukungan dari pihak ADM untuk menggunakan lahan hutan untuk lahan pakan dan kandang komunal.

Menurutnya, setelah ini nanti akan dirinya akan  memastikan dengan para Asper. Ia bercerita dari Kabupaten Bojonegoro ada 2 wakil yang maju dalam lomba Pemuda Pelopor

"Hutan merupakan kawasan yang memiliki peranan penting dalam menjaga ekosistem. Akan tetapi kondisi hutan di Bojonegoro semakin berkurang disebabkan karena deforestasi. Hal inilah yang membuat mas Sulis dan pemuda-pemuda di Desa Sumberbendo Kecamatan Bubulan tergerak mulai tahun 2015 untuk mengintegrasikan peternakan dan kehutanan dengan sistem agroforestry dan sylvopastura," bebernya. 

BACA JUGA:Jelang Iduladha, DKPP Lumajang Antisipasi Penyebaran Penyakit Hewan Ternak

Mereka, beber Enggar memanfaatkan sela-sela tanaman tegakan untuk menanami HMT sebagai bank pakan sehingga ketersediaan pakan ternak terjaga dan lahan hutan tetap lestari.

"Kegiatan ini terbukti memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan Kelestarian lingkungan Pengurangan pengangguran," tuturnya.

Diketahui, Sulistiyo Nurul Cahyanto, warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Bubulan mengembangka project integrasi peternakan dan kehutanan, yakni program silvofastura. Program tersebut di bidang peternakan kambing, dengan bank ternak sebagai pakan, dan pengolahan kotoran. (top)

Sumber: