Alumni Akabri 94 Gelar Bakti Kesehatan dan Baksos di Pantai Kenjeran

Alumni Akabri 94 Gelar Bakti Kesehatan dan Baksos di Pantai Kenjeran

Para Alumni Akabri 94 di Jatim menggelar Bakti Kesehatan dan Bakti Sosial di Taman Hiburan Pantai Kejeran, Sabtu 15 Juni 2024.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Reuni 30 tahun Alumni Akabri (Akademi Angkatan bersenjata Republik Indonesia) tahun 1994 di Jatim menggelar Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, dan Donor Darah yang digelar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya Sabtu 15 Juni 2024. 

Dalam pantauan Memorandum, banyak masyarakat yang antre memberikan kesehatannya. Pemeriksaan mulai dari tes gula darah, tekanan darah, hingga pemberian obat dan donor darah. Tak hanya itu, para nelayan yang hadir mendapatkan 500 paket sembako dan pelampung yang disambut positif masyarakat sekitar. 

Bertemakan '30 Tahun Pengabdian Palangan 94, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami Cooling System Menjelang Pilkada Serentak Jawa Timur' acara ini digelar serentak yang dipusatkan di Jakarta. 

BACA JUGA: 32 Tahun Pengabdian Melalui Bakti Kesehatan, Polres Blitar Berpatisipasi dalam Giat Alumni Akabri 91

Menurut Perwakilan Alumni AKABRI 94 asal Jatim Laksamana Pertama TNI Iswarto bahwa kegiatan yang digelar di Pantai Kenjeran ini. Diantaranya donor darah, bakti kesehatan, dan bakti sosial yang diberikan kepada masyarakan pesisir pantai serta masyarakat di Kecamatan Bulak. 

"Ini berjalan sudah cukup lancar, banyak peserta yang hadir dan turut senang dengan kegiatan ini," kata Laksamana Pertama Iswarto. 

"Harapan kami, dapat terus melaksanakan ini sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat baik di Jawa Timur maupun secara nasional di Indonesia dapat merasakan kita sedang melaksanakan pengabdian yang ke-30 tahun ini," imbuh Iswarto uang menjabat Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) II itu. 

Dalam kegiatan ini, tentunya ada pesan moral yang angkatan Akabri 94 sampaikan khususnya di Surabaya. Yang mana menjelang pilkada 2024 yang berlangsung serentak harapannya bisa berjalan dengan lancar dan aman. 

"Yang pasti mengedukasi masyarakat untuk tetap bisa menjaga stabilitas keamanan yang ada di Surabaya," tuturnya. 

BACA JUGA:Pengabdian Persada Akabri 92, Gelar Baksos dan Tanam Pohon

BACA JUGA:Baktikes, Cara Alumni Akabri 91 Merayakan Hari Jadi

Sementara itu Dirintelkam Polda Jatim Kombespol Dekananto Eko Purwono menjelaskan terkait pengamanannya pilkada serentak, pastinya baik TNI-Polri sudah memetakan kerawanan wilayah di Jatim. Yang pasti pihaknya mengacu dari pikada serentak sebelumnya yakni 2020.

"Yang menjadi prioritas pertama kami yaitu di wilayah Madura Raya yang mengacu pada pilkada sebelumnya bahwa banyak terjadi kejadian yang memang perlu diantisipasi, dan beberapa kabupaten lain yang kita jula lakukan petakan kerawanannya," kata Kinbes Dekananto. 

Dalam prinsipnya, baik jajaran TNI-Polri menginginkan pilkada serentak harus aman. Meskipun ada daerah yang dinilai aman, tapi pihaknya tidak underestimate dan tetap memaksimalkan pengamanan bersinergi dengan jajaran TNI. 

"Beliau Pangkoarmada II, di wilayah kita di Madura banyak kepulauan, sehingga nanti juga terkait distribusi logistik di kepulauan terpencil, tentunya akan melibatkan jajaran TNI Angkatan Laut. Dan memastikannya logistik pilkada sampai di pulau-pulau kecil. Ini yang menjadi atensi kita," tuturnya. (rid)

Sumber: