Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat ala Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang

Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat ala Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang drh Endra Novianto. -Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Iduladha segera tiba, momen yang dinantikan seluruh umat Islam untuk bersedekah melalui kurban. Pemilihan hewan kurban yang sehat dan berkualitas sangat penting untuk memastikan ibadah kurban diterima dengan baik sesuai dengan syariat.

Memilih hewan ternak yang tepat, seperti unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau, menjadi prioritas. Sesuai syariat, sapi dan kerbau harus berumur minimal 2 tahun, sementara kambing dan domba berumur 12-18 bulan atau sudah berganti gigi susu.

BACA JUGA:Profesional! IWL Komitmen Ciptakan Suasana Harmonis di Momen Pilkada Lumajang 2024 

Saat ditemui di kantornya, Kamis 13 Juni 2024, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Lumajang drh Endra Novianto memberikan tips memilih hewan kurban yang sehat.

"Periksa kondisi ternak, pastikan hewan bisa berdiri, berjalan, dan bernapas normal. Nafsu makan yang baik, atau kondisi mengunyah (ruminasi) menunjukkan pencernaan yang sehat," jelas Endra.

BACA JUGA:Pembunuh Pencari Kepiting di Tambak Keputih Diadili, Istri Korban: Sempat Ada Masalah  

Endra juga menjelaskan, bahwa tanda-tanda kesehatan hewan meliputi nafsu makan yang baik, mata yang cerah, bulu bersih, gerakan lincah, dan bebas dari tanda-tanda penyakit atau cacat.

BACA JUGA:Warga Banyuurip Edarkan Pil Ekstasi Berlogo Kepala Singa 

"Dengan nafsu makan yang baik dan gerakan yang lincah, hewan otomatis terlihat gemuk dan sehat," terang dia.

BACA JUGA:Anak Ditangkap Polisi, Warga Keputran Kejambon Edarkan Ganja 

Kondisi kesehatan hewan kurban tahun ini lebih terkendali dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Endra menyebutkan, kondisi PMK (penyakit mulut dan kuku) dan LSD (lumpy skin disease) lebih terkendali. Memilih hewan sehat lebih mudah, dan alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan gejala penyakit yang berbahaya pada hewan kurban.

BACA JUGA:TPPU Narkoba SGD 2,1 Juta, Anak Buah Fredy Pratama Divonis 1,5 Tahun Penjara 

Selain kondisi hewan, tempat penjualan hewan kurban juga harus diperhatikan. Pastikan tempat tersebut bersih dan terawat untuk mencegah penyebaran penyakit.

BACA JUGA:Teror Pecah Kaca Hantui Jalur Pantura, Sopir Akan Sweeping 

"Kami telah melakukan pemeriksaan hewan dan tempat penjualan di beberapa lapak. Sebagai bukti, kami memberikan surat keterangan berupa stiker yang menunjukkan hewan telah diperiksa oleh dokter hewan," pungkasnya.

BACA JUGA:Gegara Kecanduan Gadget, Adik Tiri Jadi Korban Rudapaksa 

Dengan memperhatikan tips ini, umat Islam dapat memastikan hewan kurban yang dipilih sehat dan sesuai syariat, sehingga ibadah kurban dapat dilakukan dengan baik dan penuh berkah. (*)

Sumber: