Tingkat Kepuasan Publik pada Kinerja Pemerintahan Ony Anwar dan Dwi Riyanto Tinggi

Tingkat Kepuasan Publik pada Kinerja Pemerintahan Ony Anwar dan Dwi Riyanto Tinggi

Peneliti Utama The Republic Institute, Sufyanto.-Biro Madiun-

NGAWI, MEMORANDUM - The Republic Institute melakukan survei terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati /Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko selama 5 tahun memimpin Kabupaten Ngawi. Hasilnya, angka kepuasan masyarakat terhadap Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko sangat menguntungkannya untuk maju kembali sebagai petahana pada Pilkada 2024.

Peneliti Utama The Republic Institute, Sufyanto mengatakan,  riset tingkat kepuasan masyarakat tersebut dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Jumlah sampel keseluruhan sebanyak 800 responden, yang tersebar di seluruh wilayah di Ngawi.

Wawancara langsung ke responden dilakukan pada tanggal 1 - 7 Juni 2024, dengan margin of error sebesar 3,46 %. 

"Untuk kepuasan masyarakat atas kinerjanya memimpin pemerintahan terhadap kinerja bupati Ngawi dan wakil bupati Ngawi mencapai 83,5 persen," katanya. 

BACA JUGA:Tiga Proyek Stategis Ngawi Rp 19,1 Miliar Belum Selesai Lelang

Dikatakan, jika hasil riset ini lebih tinggi dibanding yang dilakukan pada Januari 2024 lalu yang mencapai 77,5 persen. Sehingga mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Adapun penyebab tingginya kenaikannya terhadap kinerja pemerintah kabupaten Ngawi yakni peningkatan produktivitas pertanian mencapai 90,8 persen dan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi yang mencapai 87,9 persen juga pengendalian harga gabah kering panen yang cukup stabil. 

"Jadi dengan dijalankannya program-program tersebut membuat di era Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menunjukkan kepuasan publik dengan nilai 77,5 persen di bulan Januari 2024 dan meningkat di bulan Juni 2024 sebesar 83,5 persen," ujarnya. 

Sedangkan, terkait tingkat elektabilitas Ony Anwar Harsono mencapai 68,3 persen dan Dwi Rianto Jatmiko 52 persen. Sehingga ketika diidentifikasi oleh masyarakat bahwa keduanya masih layak di posisinya masing-masing. 

Pada simulasi pasangan calon Bupati Ngawi dan Wakil Bupati Ngawi masyarakat menempatkan pilihannya untuk pasangan Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko unggul dengan jumlah 74,5 persen. Sementara itu calon lainnya mendapatkan 11,3 persen. Sedangkan Masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebesar 14,2 persen. 

BACA JUGA:Mal Pelayanan Publik Ngawi akan Diresmikan 27 Juni

Apabila pada pilkada 2024 nanti tidak ada pasangan calon lain, maka pada simulasi pasangan calon Incumbent Bupati Ngawi dan Wakil Bupati Ngawi tetap masyarakat menempatkan pilihannya maka untuk pasangan Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko unggul dengan jumlah 88,7 persen, Kotak Kosong mendapatkan 4,5 persen. Sedangkan Masyarakat yang belum menentukan pilihan/tidak menjawab sebesar 6,8 persen. 

"Tentunya hasil simulasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Ngawi unggul menjadi 88,7 persen apabila tidak ada pasangan calon lainnya," pungkasnya. (aris/dika)

Sumber: